PB Siapkan Aplikasi Transponsumut untuk Permudah Layanan Transportasi Selama PON 2024

Ketua Bidang Transportasi PB PON 2024, wilayah Sumut, Agustinus.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  – Panita Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, wilayah Sumut menyiapkan aplikasi transportasi, bernama Transponsumut, untuk memberikan kemudahan pelayanan transportasi selama event olahraga tersebut berlangsung.

Produk Binaan AMANAH Ikut Meriahkan PON 2024

Ketua Bidang Transportasi PB PON 2024, wilayah Sumut, Agustinus menjelaskan nantinya melalui aplikasi untuk memudahkan penjemputan atlet, penerimaan tamu, bantuan pengawalan, pengantaran tamu dari hotel ke venue. Atas hal itu, dilakukan simulasi bersama stakeholder terkait.

"Simulasi ini bertujuan untuk memastikan kesiapan operasional kendaraan dan aplikasi," sebut Agustinus, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut kepada wartawan, di Kota Medan, Rabu 7 Agustus 2024.

Penampakan Isi Nasi Kotak Atlet PON Aceh-Sumut, Warganet: Perih!

Agustinus mengungkapkan pihaknya juga mematangkan persiapan transportasi menjelang perhelatan akbar tersebut. Sebanyak 1.206 unit, kendaraan telah dipersiapkan untuk menunjang mobilitas atlet, ofisial, dan tamu undangan selama PON berlangsung.

"Kami telah melakukan berbagai simulasi untuk memastikan kelancaran operasional kendaraan selama PON," sebut Agustinus. 

PB PON Aceh Buka Suara Usai Diprotes Atlet Soal Konsumsi

Agustinus menjelaskan, persiapan tersebut meliputi pengadaan kendaraan, manajemen operasional, simulasi, dan pengadaan prasarana lainnya. 

"Kendaraan yang disiapkan terdiri dari berbagai jenis, mulai dari T1 hingga T5, termasuk kendaraan khusus untuk mengangkut kuda. Pengadaan armada ini didukung oleh dana APBD dan Kementerian Perhubungan," jelas Agustinus.

Manajemen operasional kendaraan akan dikendalikan oleh Sistem Manajemen Fleet yang menggunakan aplikasi khusus untuk mengatur penggunaan kendaraan, baik yang terjadwal maupun tidak terjadwal. 

"Dengan adanya aplikasi ini, kami dapat memantau penggunaan kendaraan secara real-time dan melakukan penjadwalan yang lebih efektif," ungkap Agustinus.

Untuk mendukung manajemen dan rekayasa lalu lintas, telah diajukan pengadaan rambu-rambu yang akan dipasang di 10 kabupaten/Kota lokasi sebaran venue pertandingan, yakni Medan, Binjai, Deli Serdang, Langkat, Pematangsiantar, Tebingtinggi, Simalungun, Toba, Karo, dan Samosir. 

Koordinasi dengan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) di 10 kabupaten/kota tersebut juga telah dilakukan untuk memastikan keseragaman dalam penanganan manajemen rekayasa lalu lintas, dengan dukungan dari Wakapolda Sumut Brigjen Rony Samtana dan Dirlantas Polda Sumatera Utara Kombes Muji Ediyanto.

"Bidang transportasi siap mendukung kelancaran transportasi selama PON XXI Aceh-Sumut 2024. Hingga saat ini, tidak ada kendala berarti dalam persiapan bidang transportasi," jelas Agustinus. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya