Panjat Tebing Sumut Siap Ukir Prestasi dengan Raih Emas di PON 2024

Atlet panjat tebing Sumut saat melakukan latihan jelang PON XXI 2024.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  – Kontigen Sumatera Utara melalui cabang olahraga (cabor) panjat tebing Sumatera Utara (Sumut) optimis bisa meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Meski tidak tampil di hadapan publik sendiri.

Defile Pembukaan PON 2024, Ada Kontingen Atlet IKN

Pelatih Panjat Tebing Sumut, Wahyu Saputra mengatakan tim asuhannya kini ditargetkan mendulang setidaknya satu medali emas meski bakal bermain di Kota Banda Aceh nantinya.

"Sejauh ini target kita satu (medali) emas, kalau bicara optimis dan realistis nanti kita curi di nomor speed beregu," ucap usai memimpin sesi latihan di Stadion Mini Dispora Sumut, di Kota Medan, Senin sore, 5 Agustus 2024.

Miris! Bus Jemput Tidak Datang, Kriket T10 Putra Putri Sumut Kehilangan Emas

Wahyu mengatakan persiapan Panjat Tebing saat ini sudah memasuki tahapan akhir dan hanya fokus terhadap pematangan teknik.

"Sejauh ini berjalan dengan baik dan lancar ya dengan apa yang kita programkan, ini sebulan menuju PON 2024 kita tinggal finishing saja, inikan masa pra kompetisi, tinggal mematangkan teknik saja," ungkapnya.

Kunto Aji Heran Saaih Halilintar Tak Punya NPWP: Kita Dikejar Tertib Tapi Kok Dia Lolos

Wahyu pun enggan jika masih berbicara terkait kendala yang menghantui tim panjat tebing. Dirinya lebih memilih fokus agar bisa tampil maksimal di ajang olahraga nasional tersebut.

"Kalau soal kendala, kita tidak bicara kendala, karena kalau bicara kendala panjang nantikan begitu, masalah klasik peralatan dan lainnya," tuturnya.

"Namun khusus panjang tebing saya pribadi sebagai pelatih dan atlet kita semua kita lebih fokus bagaimana bisa tampil allout (habis-habisan) nantinya saat PON, kendalanya kita minimalisir, kita pikirkan kita berangkat ke Aceh nanti dalam keadaan siap tempur," sambungnya.

Panjat Tebing Sumut sendiri saat ini sudah mempersiapkan 10 atlet saat ini yang bakal diturunkan di PON XXI 2024. 

"Untuk panjat tebing total ada 10 atlet, 3 putri dan 7 putra, khusus speed (kecepatan) ada 7 sisanya Lead and Boulder Combined ada 3 orang," ujarnya Wahyu.

Adapun kesepuluh atlet yang direncanakan tampil di PON yakni Rian Gordon Sitorus, Glenn Bakri, Busan Muhammad Rifki Inzaghi Sitorus Pane, Arrasyid Anwar Sitorus Pane, Irgi Fathahilla Haqiqi, Agustinus Dachi, Arya Michael Giopandi Sembiring, Dina Rachel Simanjuntak, Fitri Sitorus dan Siti Nur Nabilla Huda.

Wahyu pun mengungkapkan keinginan tim panjat tebing saat ini yakni bisa melaksanakan tes venue ke Banda Aceh saat ini.

"Sejauh ini ada rencana memang ke Aceh untuk tes venue, tapi kemarin infonya awal bulan belum selesai (venuenya), tapi ini kami sedang kordinasi dengan KONI, karena biasanya ada waktu untuk tes venue," jelas Wahyu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya