Hasil Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024: Desak Made di Peringkat ke-6, Rajiah Mengekor

Desak Made Rita Kusuma Dewi
Sumber :
  • twitter.com/ifsclimbing

Paris, VIVA – Dua atlet putri Kontingen Indonesia di cabang olahraga (cabor) panjat tebing Olimpiade Paris 2024, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabilah, tampil apik. Mereka turun di babak kualifikasi nomor speed putri pada babak penyisihan unggulan.

Cerita Atlet Panjat Tebing Desak Made Cicipi Kuliner Tradisional Aceh Usai Kompetisi

Perlombaan itu berlangsung di venue panjat tebing Le Bourget, Prancis, pada Senin 5 Agustus 2024. Desak Made tampil di urutan kedua di jalur A bersebelahan dengan wakil tuan rumah, Capucine Viglione, di jalur B.

Desak Made Rita Kusuma Dewi

Photo :
  • twitter.com/ifsclimbing
Pengakuan Anthony Ginting Usai Dikalahkan Axelsen di Hong Kong Open 2024

Sebelumnya perlombaan sempat ditunda karena alasan teknis. Desak pun dianggap fall karena dinilai kurang tak menyentuh tombol karena kurang keras menekan. Namun Desak mampu menunjukkan performa apiknya dengan catatan waktu 6,52 detik di jalur A.

Sementara Capucine Viglione hanya mencatatkan 7,53 detik di jalur B. Rajiah sendiri tampil di urutan ketiga pada jalur A berseberangan dengan wakil Amerika Serikat (AS), Emma Hunt.

Mencuri Hati Legenda Bulutangkis Indonesia di Audisi PB Djarum

Dia bersaing sengit di momen tersebut. Rajiah mencatatkan waktu tempuh 6,67 pada percobaan pertamanya. Sedangkan Hunt mampu lebih cepat sedikit dengan kecepatan 6,36 detik di jalur B.

Atlet panjat tebing (climber) Indonesia, Rajiah Sallsabilla

Photo :
  • Antara/Hendra Nurdiyansyah

Kemudian di percobaan kedua, Desak Made tampil semakin gahar di jalur B. Dia mampu memanjat lebih cepat jauh mengungguli Capucine Viglione yang bergantian di jalur A. Desak mengukir tempuh waktunya 6,45 detik berbanding 9,72.

Hasil impresif juga sukses diciptakan oleh Rajiah. Atlet panjat tebing berhijab Indonesia satu ini mampu tampil lebih cepat kali ini atas Hunt. Dia menorehkan waktu di jalur B dengan catatan 6,58 detik sedangkan wakil Amerika Serikat itu tertinggal dengan waktu 6,79. Pencapaian itu membawa Rajiah meraih personal best (PB).

Pada catatan akhir penyisihan unggulan itu, Desak berhasil menempati peringkat ke-6. Sementara Rajiah membuntutui di posisi ke-7.

Hasil itu nantinya akan menentukan peringkat atlet di babak penyisihan eliminasi. Pemeringkatan ini juga diterapkan untuk menentukan pasangan lawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya