Kontingen Sumut di PON 2024 Diperkuat Atlet Karate Berlabel Asia Dessyinta Banurea

Atlet Karate Sumut, Dessyinta Banurea.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  – Atlet karate berlabel Asia, Dessyinta Banurea siap bertarung di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, dengan memetik medali emas, untuk mengharumkan kontingen Sumut ini.

Dukungan Produk Lokal Terus Mengalir untuk PON XXI Aceh-Sumut

Atlet kelahiran 1996 tersebut, mengatakan sudah melakukan latihan secara rutin jelang penyelenggaraan PON 2024 ini. 

 "Saya akan mewakili kontingen Sumatera Utara, bermain di Cabor Karate, kelas pertandingan kumite +68kg senior putri dan kumite beregu putri," kata Dessyinta kepada wartawan, di Kota Medan, Senin 5 Agustus 2024.

Tidak Punya NPWP dan BPJS, Saaih Halilintar Dipastikan Gagal Jadi Atlet Golf di PON 2024

Bahkan atlet yang pernah bermain di Asian Championship (AKF) Kazakshtan 2017 dan Malaysia 2023 tersebut mengatakan persiapan dirinya sudah matang menyambut event olahraga akbar nasional tersebut.

"Alhamdulillah, persiapan sudah cukup matang tinggal mempertajam senjata-senjata andalan dan taktik strategi dalam bermain saja," jelas Dessyinta.

Ratusan Anggota Ikut PON XXI, Irjen Dedi: Cetak SDM Polri Unggul Melalui Olahraga

Peraih medali silver Sea Games Vietnam 2022 tersebut, sempat mengalami kendala usai dirinya pernah cedera. Namun dirinya mengatakan hal itu sudah bisa diantisipasinya.

"Kendala untuk saya kemarin, karena saya habis cedera saja, jadi kemarin sempat keteteran ngejar ketinggalan sama teman-teman yang lain. Tapi alhamdulillah sekarang sudah bisa mengimbangin teman-teman yang lain," tuturnya.

Dessyinta pun, menatap para calon lawannya di PON XXI nanti. Menurutnya semua lawan tidak bisa dianggap remeh karena memiliki kekuatan yang merata.

"Untuk lawan semuanya berat, karena semua pasti mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan pastinya pada punya target masing-masing juga," ucap Dessyinta.

Atlet yang juga pernah meraih medali emas di World Series A Jakarta 2022 tersebut pun optimis bisa tampil baik di hadapan publik sendiri nantinya. 

"Selalu ingat target yang ingin dicapai, dan meyakini dengan kemampuan yang saya punya," kata Dessyinta.

Selain yang disebutkan di atas, Dessyinta sendiri memiliki beberapa pengalaman internasional lainnya saat di dunia Karate. Dessyinta pernah menyabet perunggu di Sea Games Cambodia 2023, medali emas di South East Asian Championship di Cambodia 2022 dan Filipina 2023.

Sementara itu di PON sendiri atlet kelahiran Kota Medan itu pun punya riwayat mentereng. Diantaranya pada PON Jawa Barat 2016 meraih dua medali yakni emas dan perunggu, dan di PON Papua 2021 mendulang perak dan perunggu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya