4 Alasan Yunani Selalu Jadi Negara Urutan Pertama Upacara Pembukaan Olimpiade

Parade Yunani di Olimpiade Paris 2024
Sumber :
  • X @Paris2024\

Paris, VIVA – Olimpiade Paris 2024 telah resmi digelar, para atlet dari berbagai negara berjuang untuk meraih medali dan membuat sejarah baru negaranya di kota yang terkenal dengan keindahan dan warisan budayanya.

Pengakuan Anthony Ginting Usai Dikalahkan Axelsen di Hong Kong Open 2024

Tidak kalah menarik perhatian dari ajang internasional itu adalah negara Yunani yang menjadi negara pertama yang tampil dalam upacara pembukaan. Setidaknya ada empat alasan mengapa keistimewaan tersebut ada pada negara Yunani, berikut ulasannya!

1. Penghormatan Historis

Mencuri Hati Legenda Bulutangkis Indonesia di Audisi PB Djarum

Bendera negara Yunani

Photo :
  • X @faith_muhammad

Yunani selalu menjadi negara urutan pertama dalam upacara pembukaan Olimpiade karena peran historisnya sebagai tempat kelahiran Olimpiade kuno. Pada abad ke-8 SM, di kota Olympia, Yunani, Olimpiade pertama kali diadakan sebagai festival olahraga yang bertujuan menghormati dewa Zeus. Tradisi ini berlangsung selama hampir 12 abad hingga dihentikan pada abad ke-4 M.

Meningkatnya Kekhawatiran Terhadap Investasi Tiongkok di Pelabuhan Besar Eropa

Ketika Olimpiade modern dimulai kembali pada tahun 1896 di Athena, Yunani, sebagai penghormatan terhadap sejarah Olimpiade, Yunani diberikan kehormatan untuk selalu menjadi negara yang memimpin parade atlet dalam setiap upacara pembukaan.

2. Pengakuan Terhadap Kontribusi Budaya

Selain alasan historis, penghormatan ini juga diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi Yunani dalam mendefinisikan dan mengembangkan konsep kompetisi olahraga internasional.

Dengan menempatkan Yunani di urutan pertama, Komite Olimpiade Internasional (IOC) menekankan pentingnya nilai-nilai dalam menghormati asal mula mereka.

Dalam dunia yang sering dipenuhi dengan persaingan dan konflik, upacara pembukaan Olimpiade bertujuan untuk menunjukkan persatuan dan solidaritas di antara bangsa-bangsa.

3. Simbolisme Tradisi

Jin BTS sebagai pembawa obor di Olimpiade Paris 2024

Photo :
  • Instagram @coppamagz

Secara simbolis, Yunani berperan sebagai penjaga tradisi Olimpiade. Dalam setiap edisi, obor Olimpiade dinyalakan di Olympia, Yunani, menggunakan sinar matahari yang difokuskan dengan cermin cekung, menciptakan api yang murni. Prosesi ini bukan hanya seremonial, tetapi juga memiliki makna mendalam sebagai simbol penghormatan terhadap asal mula Olimpiade

Setelah dinyalakan, obor tersebut kemudian dibawa melalui estafet yang melibatkan banyak negara hingga ke tuan rumah, menandakan penyebaran semangat persatuan dan perdamaian ke seluruh dunia. 

4. Penghormatan Terhadap Atlet

Parade Yunani di Olimpiade Paris 2024

Photo :
  • x @48bolaID

Dengan menempatkan Yunani di posisi pertama, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengakui dedikasi dan pencapaian luar biasa yang telah diraih oleh para atlet Yunani sepanjang sejarah Olimpiade.

Pengakuan ini memberikan dorongan moral yang kuat bagi generasi muda dan menginspirasi mereka untuk terus berpartisipasi aktif dalam ajang olahraga internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya