Update Klasemen Medali Olimpiade Paris 2024: Amerika Serikat Geser China di Puncak

Atlet golf Amerika Serikat, Scottie Scheffler raih medali emas
Sumber :
  • AP Photo/George Walker IV

Paris, VIVA – Amerika Serikat (AS) berhasil menggeser China dari puncak klasemen perolehan medali Olimpiade Paris 2024. AS menggeser China berkat unggul perolehan medali perak dan perunggu.

Menlu Rusia:: Amerika Serikat Tidak Ingin Diakhirinya Pertumpahan Darah di Gaza

Posisi puncak didapat AS setelah sukses menambah lima medali emas, yakni dari cabang olahraga (cabor) golf yang dipersembahkan, Scottie Scheffler.

Kemudian medali emas dari cabor atletik lari 100 meter putra, yang dipersembahkan Noah Lyles. Lalu, Kristen Faulkner menyabet emas di balap sepeda road race putri.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Atlet lari Amerika Serikat, Noah Lyles

Photo :
  • AP Photo/Ashley Landis

Dari cabor renang gaya bebas 1500 meter putra, Bobby Finke menjadi yang terdepan, dan satu emas lain diperoleh dari tim renang estafet 100 meter putri.

Pengakuan Anthony Ginting Usai Dikalahkan Axelsen di Hong Kong Open 2024

Berdasarkan update Senin, 5 Agustus 2024, kini AS telah mengoleksi 19 medali emas, 26 medali perak dan 26 medali perunggu, total keseluruhan medali AS sebanyak 71.

Sementara China yang sebelumnya nangkring di posisi puncak selama tiga hari berturut-turut harus turun ke peringkat kedua dengan perolehan 19 medali emas, 15 perak dan 11 perunggu, total medali China 45.

Sementara untuk Indonesia, kita berhasil mendapatkan medali pertama berupa perunggu berkat kerja keras Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga badminton nomor tunggal putri pada Minggu 4 Agustus 2024.

Dengan raihan satu medali perunggu ini, Indonesia untuk sementara berada di peringkat ke-61. Sejajar dengan Malaysia, Portugal dan Slovakia.

Adapun negara ASEAN tersukses hingga saat ini adalah Filipina yang sudah berhasil meraih dua medali emas. Hebatnya, dua medali emas itu diraih oleh satu orang atlet yakni Carlos Yulo dari cabang senam.

Tunggal putrI Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung

Photo :
  • AP Photo/Kin Cheung

Berikut klasemen perolehan medali Olimpiade Paris 2024

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya