Perenang Indonesia Joe Aditya Kurniawan Dikira dari Polandia, Netizen: Kurniawski

Joe Aditya Kurniawan
Sumber :
  • Istimewa

Paris, VIVA – Atlet renang Indonesia putra, Joe Aditya Kurniawan, dikira berasal dari Polandia oleh komentator Olimpiade Paris 2024. Hal tersebut pun mengundang tanggapan lucu dari para netizen Tanah Air.

Kisah Lewandowski yang Siap Berkorban untuk Barcelona Terungkap

Momen itu terjadi saat Joe Kurniawan turun di cabang olahraga (cabor) renang nomor 100 meter putra gaya kupu kupu heat 1. Perenang asal DKI Jakarta itu berhasil menjadi yang tercepat ketiga di heat-nya.

Perenang Joe Aditya di Olimpiade Paris 2024

Photo :
  • NOC Indonesia
Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Perlombaan renang Olimpiade Paris 2024 yang diikuti Joe tersebut berlangsung pada Jumat 2 Agustus 2024 di La Defense Arena, Prancis. Peraih medali perak SEA Games 2021 itu mencatatkan waktu tempuh 53.95 detik dalam jarak 100 meter di Paris .

"Yang pertama Mijenik, yang kedua dari Uganda, dan ketiga sepertinya Polandia," kata komentator dalam video yang viral di sosial media.

Sinar Mas Apresiasi Peraih Medali Olimpiade Paris 2024

Bendera Indonesia dan Polandia memang identik. Namun netizen Tanah Air heran dengan komentator karena secara nama atlet jelas jauh berbeda dari kebanyakan nama warga Polandia.

Sebab di layar siaran langsung, nama yang terpampang Joe menggunakan nama belakangnya, Kurniawan. Lucunya, salah satu netizen pun mengatakan jika Joe Aditya Kurniawan berasal dari Polandia, maka nama yang cocok adalah Kurniawski.

Penggalan nama tersebut pun diyakini terinspirasi dari salah satu pemain sepak bola dunia milik Barcelona, Robert Lewandowski. Eks striker Bayern Munich itu merupakan penggawa asal Polandia.

"Kalau Polandia bukan Kurniawan tapi Kurniawski," tulis akun Instagram bernama @ermwnn_.

Bomber Timnas Polandia, Robert Lewandowski

Photo :
  • AP Photo/Czarek Sokolowski, File

Banyak netizen Indonesia pun sepakat. Hingga berita ini diterbitkan, komentar tersebut disukai oleh 12 ribu lebih akun sosial media.

Terlepas dari itu, posisi terdepan heat 1 renang nomor 100 meter putra gaya kupu-kupu dicapai oleh wakil Kroasia, Nikola Miljenic. Dia berhasil menorehkan waktu renang 53.32 detik. Kemudian di urutan kedua ada perenang asal Uganda, Jesse Ssuubi Ssengonzi dengan waktu 53.76 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya