Medali Olimpiade Paris Pertama untuk Atlet Tanpa Negara

Viyaleta Bardzilouskaya
Sumber :
  • AP Photo/Charlie Riedel

Jakarta, VIVA – Viyaleta Bardzilouskaya tercatat sebagai atlet yang tampil di Olimpiade Paris 2024 tanpa negara pertama yang meraih medali. Dia mendapatkan medali perak saat turun di nomor trampolin putri, Jumat waktu setempat 2 Agustus 2024.

Pj Bupati Tangerang Lepas Atlet Menembak Kabupaten Tangerang Ke Ajang PON 2024

Viyaleta Bardzilouskaya merupakan atlet asal Belarusia. Akan tetapi karena adanya larangan tampil di Olimpiade Paris 2024 untuk membawa nama Belarusia dan Ukraina, perempuan berusia 19 tahun itu masuk dalam kontingen atlet netral.

Bardzilouskaya adalah salah satu dari 17 atlet Belarusia yang harus bertanding dalam kontingen netral. Ini dialaminya sebagai dampak perang antara Rusia dan Ukraina.

Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Meski harus tampil tanpa membawa nama Belarusia, namun Bardzilouskaya enggan terpecah fokusnya. Medali perak ini seperti jadi pembuktian baginya yang dalam dua tahun terakhir tidak ikut ajang internasional.

Viyaleta Bardzilouskaya

Photo :
  • AP Photo/Charlie Riedel
Saaih Halilintar Umumkan Lolos Seleksi Atlet Golf, Jadi Wakil Provinsi Banten di PON 2024

Federasi Senam Internasional mengeluarkan sanksi setelah pecahnya perang Rusia dan Ukraina. Belarusia yang terlibat mendukung salah satu pihak juga mendapatkan sanksi.

Untuk bisa memastikan diri mentas di Olimpiade Paris 2024, Bardzilouskaya harus menanti hingga Juni 2024. Ketika itu dia meminta diizinkan ikut Piala Dunia.

Karena pada kejuaraan itulah ditentukan apakah dia lolos ke Olimpiade atau tidak. Akhirnya dia bisa bernapas lega karena mendapat persetujuan masuk ke dalam kontingen netral.

"Ada banyak ketidakpastian, sulit untuk diprediksi," kata Bardzilouskaya ketika ditanya bagaimana persiapan di tengah sanksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya