Perenang Slovakia di Olimpiade Paris Pingsan karena Serangan Asma

Perenang Slovakia, Tamara Potocka
Sumber :
  • AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi

Jakarta, VIVA – Perenang Slovakia, Tamara Potocka pingsan di tepi kolam renang saat turun pada babak kualifikasi nomor 200 meter gaya ganti perorangan putri di Olimpiade Paris 2024, Jumat pagi waktu setempat 2 Agustus 2024.

Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Perenang berusia 21 tahun itu langsung diberikan pertolongan pertama dan dibawa dengan tandu sembari mengenakan oksigen. Insiden itu terjadi karena Tamara Potocka terkena serangan asma.

Mengutip AP, seorang petugas medis yang ada di dekat kolam renang mengatakan, Potocka saat ditandu sudah dalam keadaan sadar. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Sinar Mas Apresiasi Peraih Medali Olimpiade Paris 2024

"Mereka memindahkannya ke rumah sakit di perkampungan atlet Olimpiade dan dokter tim kami menunggunya di sana," kata Juru Bicara Komite Olimpiade Slovakia, Lubomir Soucek.

Potocka pingsan saat diakeluar dari air dan segera dikelilingi sekira enam petugas medis. Tubuhnya dibaringkan di atas tandu, lalu setelah sekira satu menit, dibawa keluar dari area kolam renang.

Anindya Bakrie: Pencapaian di Olimpiade Mengajarkan Optimisme Hadapi Tantangan Ekonomi

Potocka turun bertanding pada kualifikasi pertama nomor 200 meter gaya ganti putri Olimpiade Paris 2024. Situasi itu sempat membuat yang lain khawatir, karena atlet setelahnya melihat pasti mengganggu pikiran.

Perenang Israel, Lea Polonsky mengatakan, semua atlet renang menyadari bahwa olahraga ini memiliki risiko yang melekat.

"Tentu saja itu adalah sesuatu yang ada di benak Anda, tetapi kami setiap hari memacu diri hingga batas maksimal," tutur Lea Polonsky.

"Anda selalu tahu sesuatu seperti itu bisa terjadi. Itu bukan sesuatu yang Anda pikirkan selama perlombaan, tetapi itu selalu ada," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya