Tekad Panahan Sumut Akhiri Puasa Medali 28 Tahun di PON 2024

Atlet panahan Sumut saat berlatih persiapan PON 2024.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  – Ambisi tinggi ditargetkan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Sumatera Utara yang bertekad mengakhiri puasa medali di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Tekad tersebut, mengakhiri 28 puasa medali sejak PON 1996 di PON 2024 Aceh-Sumut ini.

Aceh Raih Perunggu Usai Kalahkan Kalsel di Cabor Sepakbola PON 2024

Pelatih panahan Sumut, Budiono mengaku optimis, rengkuhan pemanah Sumut di PON 1996 melalui Donald Pandiangan menjadi motivasi bagi atlet saat ini untuk mengembalikan prestasi itu. Kala itu, panahan Sumut meraih 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

“Kita punya sejarah tinggi di panahan ini. Karena Robin Hood nya Indonesia itu dari Sumatera Utara pak Donald Pandiangan pasti kita punya kans ada sejarah tinggal kita tidak tahu bagaimana sebenarnya polanya waktu itu,” ucap Budiono, Kamis 1 Agustus 2024.

Cerita Atlet PON 2024 Wilayah Sumut Rasakan Pelayanan Konsumsi Sudah Sangat Baik

Prestasi itu dikatakan Budiono bisa terealisasi, setelah berkaca dari Kejurnas Junior Batam bulan Juni. Sumut sukses merebut 3 medali emas, 5 perak, dan 10 perunggu.

"Terakhir kita ikut Pra PON saat itu masuk 15 besar sekarang ini sudah ada yang di atas peringkatnya. Sebenarnya hanya tinggal beberapa kali latihan saja hingga ketemulah nanti dengan try out kecil untuk persiapan. Itulah yang bisa kita lakukan sekarang. Kita juga sudah melakukan try in dengan sejumlah klub yang ada di Medan sekaligus sparring partner nantinya," ujarnya.

Jelang Penutupan PON 2024, Atlet Nikmati Layanan Transportasi Wisata Gratis

Saat ini, dirinya tengah mempersiapkan 18 atlet yang sudah dipersiapkan sejak 2022. Selain mengikuti kejurnas, dalam sesi latihan juga selalu digelar sparing patner sesama atlet. Budiono juga berencana merubah atmosfer latihan seperti layaknya arena pertandingan. 

"Persiapan sebenarnya sudah dilakukan sejak 2022, waktu itu hanya 5 atlet. Lalu 2023 bertambah menjadi 7 atlet dan 2024 masuklah pelatda 13 atlet dan sekarang sudah di SK-kan menjadi 18 atlet yang akan bertanding di PON," katanya.

Pada PON 2024, cabor Panahan Sumut akan mengirimkan 18 atlet. Mereka akan bertanding di tiga divisi yakni Standart Bow yang akan menurunkan 3 atlet putra dan 3 putri. Kemudian di nomor Compound, Sumut juga menurunkan 3 putra dan 3 putri, serta nomor Recurve 3 putra dan 3 putri juga akan diturunkan di nomor tersebut.

Jatim meraih medali emas usai kalahkan Jabar di Final Cabor Sepakbola PON 2024. VIVA/Dani Randi

Jatim Raih Emas Cabor Sepakbola PON 2024 Usai Kalahkan Jabar

Jatim Raih Emas Cabor Sepakbola PON 2024 Usai Kalahkan Jabar

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024