Tingkat Hunian Hotel Diprediksi Capai 100 %, PHRI Sumut Sebut PON 2024 Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ketua PHRI Sumut, Denny S Wardhana.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

MEDAN, VIVA   –  Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara siap menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, wilayah Sumut. Lalu memberikan pelayanan terbaik kepada atlet, pelatih, official dan tamu VVIP.

Kesaksian Atlet Saat Atap Venue PON 2024 Ambruk di Aceh

Hal itu diungkapkan oleh Ketua PHRI Sumut, Denny S Wardhana saat dikonfirmasi VIVA, Kamis 1 Agustus 2024. Ia mengatakan hotel yang digunakan pada PON ini, adalah hotel bintang 3 dan bintang 4.

"Kami diminta hotel itu, bintang 3 dan bintang 4. Kalau itu semua terpakai, dipastikan bintang 1 dan 2 terpakai. Karena banyak yang akan hadir dari atlet, pelatih, official dan pengunjung serta tamu VVIP. Tapi, kami memintanya di bintang 3 dan bintang 4," ucap Denny.

Jelang Penutupan PON XXI, Para Atlet dan Official Apresiasi Layanan Transportasi

Pelaksanaan PON wilayah Sumut ini, digelar 10 Kabupaten/Kota, yakni Medan, Deliserdang, Serdangbedagai, Binjai, Langkat, Karo, Pematangsiantar, Simalungun, Toba dan Samosir.

Sedangkan, untuk PON di Sumut, mempertandingkan 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 528 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 6.281 atlet dan 3.140 ofisial.

KONI Tunda 19 Nomor Lomba Menembak PON 2024 Akibat Cuaca Ekstrem dan Atap Venue Ambruk

Pemprov Sumut PON 2024 menyediakan sebanyak 96 hotel, dengan sekitar 8 ribu kamar yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota di Sumut ini.

Selanjutnya, Denny mengungkapkan dari 10 Kabupaten/Kota tersebut, untuk pembookingan hotel sudah dilakukan PB PON Wilayah Sumut dan kontigensi di masing-masing provinsi di tanah air ini.

“Sudah banyak di booking oleh PB PON Wilayah Sumut dan ada dari kontingen masing-masing provinsi. Insya Allah tidak ada kendala, dan kami terus berkordinasi dan melakukan rapat dengan PB PON,” jelas Denny.

Denny mengungkapkan nantinya, di setiap hotel yang dijadikan tempat penginapan para peserta PON 2024 ini, akan didirikan pameran UMKM Sumut, dengan menjual sovenir hingga produk-produk pelaku UMKM tersebut.

“Kalau dari pemasaran, disiapkan untuk para UMKM untuk menjual hasil produknya hingga souvernir PON ini,” kata Denny.

Denny mengatakan pihaknya akan terus berkordinasi dengan PB PON Wilayah Sumut. Termasuk apa saja nanti disiapkan di masing-masing kamar hotel, dalam keperluan bagi atlet, pelatih dan ofisial selama PON berlangsung.

Kalau ada yang mau ditaruh di kamar-kamar, kita menunggu petunjuk dari PB PON, ujar Denny.

Jelang penyelenggaraan PON wilayah Sumut, Denny mengatakan PB PON meminta pihak hotel untuk gencar melakukan promosi di hotel masing-masing dengan fasilitas promosi di hotel tersebut.

“Kita diminta hotel-hotel menginformasikan digital fisik promosi materinya disampaikan PB PON, menyebutkan ada pelaksanaan PON, dan jadwalnya juga,” tutur Denny.

Denny mengungkapkan untuk hotel bintang tiga dan bintang 4 yang ditujukan sebagai akomodasi para atlet, pelatih dan ofisial, dengan tingkat hunian 90 hingga 100 persen.

"Tingkat hunian 90 hingga 100 persen terisi kamar-kamar hotel itu. Jadwal minggu ketiga dan minggu 4 bulan Agustus 2024, sudah mulai turun, secara cicil dimulai official," jelas Denny.

Denny mengatakan bahwa penyelenggaraan PON 2024, wilayah Sumut memberikan dampak positif dan mendorong pertumbuhan ekonomi, yang dapat dirasakan oleh pelaku usaha hotel, UMKM, dan transportasi.

“Makanya, kami sangat mendukung PON ini. Ya, harapan PHRI semakin banyak event-event nasional di Medan maupun di Sumatera Utara khususnya, untuk pemulihan ekonomi kedepannya,” ucap Denny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya