Ditlantas Polda Sumut Siapkan Rute Tercepat Bagi Atlet PON 2024 dari Hotel ke Venue

Direktur Lalulintas Polda Sumut, Kombes Pol. Muji saat memberikan keterangan pers persiapan penyelenggaraan PON 2024 wilayah Sumut.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA– Dalam menyukseskan penyelenggaraan PON 2024 wilayah Sumatera Utara, Direktorat Lalulintas Polda Sumut sudah menyiapkan pengawalan, pengaman hingga rute tercepat bagi atlet dari penginapan atau hotel masing-masing venue cabang olahraga.

Closing Ceremony PON 2024 di Sumut Terapkan Pengamanan Sistem Tiga Ring

Direktur Lalulintas Polda Sumut, Kombes Pol. Muji Ediyanto kepada wartawan, usai Rapat Kordinasi (Rakor) Forum LLAJ Provinsi Sumut dan 10 Kabupaten/Kota dalam Rangka Anev Penataan dan Penertiban LLAJ Untuk Mendukung PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut. Rakor ini, berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Selasa 30 Juli 2024.

"Dari tempat penginapan atlet hingga menuju venue tempat bertanding atlet kita siapkan rute tercepat begitu juga untuk baliknya. Ini untuk memastikan waktu yang sangat penting buat atlet. Kita sedang bekerja," ucap Muji.

Optimis Raih Medali Emas, Dua Pesilat Sumut ke Final PON 2024

Muji mengatakan bahwa untuk kekuatan personil dalam pengamanan atau PAM. Polda Sumut akan melakukan penghitungan kekuatan personil bersama Kodam I Bukit Barisan bersama stekholder terkait.

"Terkait dengan personel, tentunya nanti ada rute keberangkatan ketika atlet berangkat dari tempat penginapan menuju venue atau tempat bertanding kita akan laksanakan PAM rute dan pengawalan. Dan semua atlet yang akan melakukan pertandingan akan kita kawal kita pastikan jangan sampai ada atlet yang terlambat dalam pertandingan," jelas Muji.

Kapolri dan KPK Turun Tangan Usut Dugaan Penyelewengan PON 2024

Muji mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan rekayasa lalulintas, untuk memberikan pelayanan lalulintas tertib, lancar kepada atlet selama penyelenggaraan PON 2024 di wilayah Sumut.

"Makanya, nanti kita akan atur rekayasa lalu lintas kemudian PAM rute hingga pengawalan. Semua perlu kita koordinasikan dengan bidang-bidangnya. Sehingga kita pastikan atlet-atlet nanti tidak ada yang terlambat saat bertanding. Satu menit pun tidak boleh terlambat," kata Muji.

Muji mengatakan dalam penyelenggaraan PON ini, pihak terus melakukan kordinasi dengan stekholder terkait. Termasuk, melihat titik berpotensi rawan kemacetan yang bisa menghalangi rute perjalanan atlet dari hotel ke venue.

"Saat ini semuanya dalam proses, Insya Allah terus kita lakukan koordinasi dengan instansi terkait, mana lokasi-lokasi yang kerawanan macetnya tinggi kita lakukan rekayasa lalu lintas," sebut Muji.

"Kita sudah siapkan rute dan kita evaluasi rute tercepat dan teraman dan tidak menimbulkan hambatan di Jalan dan itu terus kita koordinasikan," kata Muji kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya