Armada PON 2024 Wilayah Sumut: Dishub Siapkan 949 Unit dan Bantuan Kemenhub 239 Unit

Direktur Lalulintas Polda Sumut, Kombes Pol. Muji, Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan, saat memberikan keterangan pers persiapan penyelenggaraan PON 2024 wilayah Sumut.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  – Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut menyiapkan 949 unit kendaraan roda empat hingga bus, untuk memfasilitasi transportasi para atlet, pelatih, official selama penyelenggaraan PON 2024, wilayah Sumut.

Menpora Catat 13 Ribu Atlet Bertarung di 65 Cabor di PON 2024 Aceh-Sumut

Hal itu, diungkap oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut, Agustinus kepada wartawan, usai menghadiri Rapat Kordinasi (Rakor) Forum LLAJ Provinsi Sumut dan 10 Kabupaten/Kota dalam Rangka Anev Penataan dan Penertiban LLAJ Untuk Mendukung PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut. Rakor ini, berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Selasa 30 Juli 2024.

Selain itu, Agustinus mengungkapkan selama penyelenggaraan PON di Sumut ini. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, memberikan bantuan kendaraan bermotor sebanyak 239 unit. Hal itu, sebagai sarana transportasi para atlet, pelatih dan official dari hotel ke venue masing-masing cabang olahraga.

Tangan Bertuah Sang Jenderal Petarung Bawa Sulteng Raih 35 Medali di PON 2024

"Terkait penjemputan atlet di bandara dan kita terus melakukan rakor dengan PB PON. Kita sudah menyiapkan 949 unit kendaraan tambah 239 unit bantuan dari Kementrian Perhubungan," kata Agustinus. 

Agustinus mengatakan bahwa pihaknya bersama Direktorat Lalulintas Polda Sumut, sudah menyiapkan langkah-langkah dengan melakukan manajemen lalulintas, untuk memberikan kelancaran dan keamanan bagi atlet.

Atlet Asing Puji Turnamen Indonesia Para Badminton International 2024 yang Wah

"Kita juga sudah menyiapkan manajemen lalulintas, untuk menyiapkan operasional kendaraan dan kita bisa kontrol semua unit kenderaan, yang kita gunakan dan sudah kita ploting sesuai dengan jadwal pertandingan, yang sudah kita terima dari bidang pertandingan," jelas Agustinus.

Agustinus mengungkapkan bahwa pihaknya, pada prinsipnya mereka yang un-schedule sudah di-ploting terlebih dahulu, dengan jumlah-jumlah unitnya seperti bus dan mobil penumpang. 

"Kalau ada permintaan di luar schedule kita juga telah menyiapkannya," tutur Kadishub Sumut itu.

Agustinus berharap bantuan kendaraan bermotor dari Kemenhub RI, dapat terealisasi sebelum penyelenggaraan PON pada September 2024, mendatang.

"Untuk bantuan kendaraan yang dari Kementerian Perhubungan kita masih menunggu karena mereka akan mengirim pada saat 8 September sampai 20 September kita berharap sebelum tanggal itu," kata Agustinus.

Dalam rakor ini, dihadiri oleh Direktur Lalulintas Polda Sumut, Kombes Pol. Muji,  Kasat dan Kadishub dari 10 Kabupaten/Kota sebagai lokasi venue penyelenggaraan PON 2024 wilayah Sumut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya