Rakor PON 2024 Wilayah Sumut, Pastikan Kelancaran Lalulintas dan Keamanan Bagi Atlet

Direktur Lalulintas Polda Sumut, Kombes Pol. Muji, Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan, saat memberikan keterangan pers persiapan penyelenggaraan PON 2024 wilayah Sumut.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  –  Direktorat Lalulintas Polda Sumut dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara, memperkuat koordinasi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024, wilayah Sumut.

Kesaksian Atlet Saat Atap Venue PON 2024 Ambruk di Aceh

Rapat Kordinasi (Rakor) Forum LLAJ (Lalu Lintas Angkutan Jalan) Provinsi Sumut dan 10 Kabupaten/Kota dalam Rangka Analisis dan Evaluasi Penataan dan Penertiban LLAJ Untuk Mendukung PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Selasa 30 Juli 2024.

Rakor ini dibawakan oleh Direktur Lalulintas Polda Sumut, Kombes Pol. Muji, Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan, 10 Kasat dan Kadishub Kabupaten/Kota sebagai lokasi venue penyelenggaraan PON 2024 wilayah Sumut.

KONI Tunda 19 Nomor Lomba Menembak PON 2024 Akibat Cuaca Ekstrem dan Atap Venue Ambruk

Kadishub Sumut, Agustinus menjelaskan dalam rakor memikirkannya bersama Polda Sumut dan jajaran melakukan analisis dan evaluasi dalam persiapan yang harus dioptimalkan dan dimaksimalkan dalam menyukseskan PON di wilayah Sumut ini.

Kalau di Undang-undang 22 tahun 2009 dan PP 32 tahun 2011, bahwa Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan adalah badan ad hoc yang berfungsi sebagai wadah untuk mensinergikan, mengkoordinasikan dalam rangka pemecahan permasalahan lalu lintas, yang membutuhkan penyelesaian lintas pemangku kepentingan dan instansi terkait, ucapnya Agustinus kepada wartawan, usai Rakor tersebut.

Atlet Boling Jatim Sabet Medali Emas Nomor Tim 4 Putri di PON 2024

10 Kabupaten/Kota dijadikan tempat penyelenggaraan PON 2024 wilayah Sumut, yakni Medan, Deliserdang, Serdangbedagai, Binjai, Langkat, Karo, Pematangsiantar, Simalungun, Toba dan Samosir.

Kepada 10 Kabupaten/Kota ini, Agustinus menyampaikan pesan ke pihak terkait, agar bersama-sama melakukan antisipasi hal-hal yang nantinya, bisa mengganggu lancarnya penyelenggaraan. Khususnya, lalu lintas angkutan jalan pada saat PON tersebut.

“Ada 10 wilayah Kabupaten/Kota yang masuk, dalam pemetaan kita dan ini menjadi konsentrasi kita, khususnya bukan hanya dari lokasi veneu ke hotel. Tapi, juga ke lokasi lain yang nantinya dikunjungi oleh para pengunjung atau penonton pada masa PON,” jelas Agustinus.

Agustinus menjelaskan bahwa memastikan dan melakukan antisipasi semua aspek yang berpotensi mengganggu Kamseltibcarlantas dari mulai parkir penggunaan badan jalan di luar kepentingan lalu lintas termasuk PKL.

“Kemudian, pemanfaatan trotoar yang mengganggu kenyamanan bukan hanya kelancaran dan perilaku pengguna jalan seperti melawan arah dan sebagainya,” jelas Agustinus.

Agustinus mengatakan memikirkan dan pemangku kepentingan terkait terus melakukan penataan terhadap lalu melintasi sekitar venue hingga yang akan dilintasi para atlet, pelatih hingga official dari hotel ke venue masing-masing cabang olahraga.

Untuk pengaturan kami akan terus melakukan ini sampai hari H nya dan masa pelaksana PON itu, sendiri kami tetap berupaya dan mempunyai target-target tertentu, yang sudah kami bahas seperti di Kota Medan, setiap hari Kamis kami melakukan evaluasi apa kendalanya dan kami bersama- sama menentukan target apa yang mau kita selesaikan,” kata Agustinus.Kendalanya dan kita bersama-sama menentukan target apa yang ingin kita selesaikan,” kata Agustinus .

Sementara itu, Direktur Lalulintas Polda Sumut, Kombes Pol. Muji, mengungkapkan memikirkan bersama Dishub Sumut serta stekholder terkait, terus melakukan kajian, Lalulintas Polda Sumut, Kombes Pol. Muji , mengungkapkan memikirkan bersama Dishub Sumut serta stekholder terkait, terus melakukan kajian penataan dan penertiban lalu lintas dan angkutan jalan yang sedang dilakukan saat ini.

Hal itu, untuk mengatur perilaku berlalu lintas di jalan raya. Kita ingin memastikan pada saat PON tidak ada yang ugal-ugalan di jalan, tidak ada yang mengendarai kendaraan melawan arus. Yang nantinya kita antisipasi jangan sampai mengganggu tamu-tamu kita, para atlet atau Pejabat yang datang ke seluruh provinsi,” kata Muji.Pejabat yang datang ke seluruh provinsi,” kata Muji .

Muji mengimbau dan mengajak masyarakat Sumut terkhusus masyarakat di 10 Kabupaten/Kota untuk memberikan kesan yang berkesan bagi para atlet, tamu yang hadir di Sumut, dengan sama-sama menciptakan kesadaran berlalu lintas yang tertib.

“Kita jangan memastikan sampai terjadi kecelakaan lalu lintas kita ingin sampaikan, bahwa sarana prasarana jalan ini termanfaatkan dengan baik untuk mendukung terlaksananya PON ini,” kata perwira melati tiga itu.termanfaatkan dengan baik untuk mendukung pelaksanaan PON ini,” kata perwira melati tiga itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya