Gymnastics Indonesia Bangga dengan Perjuangan Rifda Irfanaluthfi di Olimpiade 2024

Gymnastic Indonesia bangga dengan perjuangan Rifda
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Pengurus Persatuan Senam Indonesia (Gymnastics Indonesia) memberikan apresiasi atas kerja keras Rifda Irfanaluthfi dan pelatih Eva Butarbutar di Olimpiade 2024 Paris. 

Pengakuan Anthony Ginting Usai Dikalahkan Axelsen di Hong Kong Open 2024

Perjuangan yang telah ditunjukkan dalam membuat sejarah pertama bagi gymnastics Merah Putih di Olimpiade telah menjadi inspirasi  bagi banyak orang.

Ketua Gymnastics Indonesia Ita Yuliati mengatakan perjalanan Rifda untuk menyandang status Olympian pertama dari cabang olahraga gymnastics penuh dengan lika-liku. 

PB Persani Matangkan Persiapan Kejuaraan Dunia Senam 2025

Bahkan, dara 24 tahun ini harus berjuang menahan rasa sakit akibat cedera ketika tampil di Bercy Arena, Paris, Prancis, Minggu 28 Juli 2024.

"Alhamdulillah Rifda sudah menyelesaikan penampilannya di Olimpiade Paris 2024. Saya sebagai Ketua Umum Gymnastics Indonesia bersyukur bahwa akhirnya perjuangan kita semua untuk mengusung Rifda ke Olimpiade telah berhasil," kata Ita.

Mencuri Hati Legenda Bulutangkis Indonesia di Audisi PB Djarum

"Rifda telah secara sah menyandang gelar sebagai Olympian. Perjalanan menuju Olimpiade itu yang harus kita apresiasi bersama karena tidak mudah untuk bisa mencapai  Olimpiade, seperti  saat ini," sambungnya.

Di Olimpiade Paris, Rifda hanya tampil di nomor uneven bars (palang bertingkat) di Olimpiade Paris. Ini dikarenakan kondisinya yang belum pulih dari cedera. 

Tiga pekan sebelum Olimpiade, lutut Rifda bengkak pada saat training camp di Heerenveen, Belanda. 

Seiring berjalannya waktu, kondisi Rifda semakin membaik  karena sudah sempat mencoba empat alat saat latihan. Hanya saja karena belum pulih 100 persen, pelatih akhirnya menentukan hanya akan turun di tiga alat.

Setibanya di Paris, tepatnya ketika menjalani sesi latihan, Rifda mengalami cedera saat melakukan lompatan di vaulting. Penanganan telah dilakukan secara maksimal oleh para dokter Tim Indonesia. 

Namun, kondisinya memang belum bisa pulih 100 persen, sehingga masih merasa sakit dan tidak memungkinkan turun di tiga alat. 

Rifda tetap memutuskan untuk menuntaskan penampilannya di Olimpiade, meski ia masih harus dibantu pelatih, baik untuk berjalan jauh ke venue pertandingkan ataupun di sekitar field of play. Rifda tampil di satu alat yaitu uneven bars, meskipun tidak full routine terutama pada dismount.

"Terlepas dari performance yang tidak sempurna, saya tetap mengapresiasi dan salut atas perjuangan Rifda dan Coach Eva. Selama bertahun-tahun, mereka berkerja keras untuk mewujudkan cita-citanya untuk menjadi gymnast Indonesia pertama dari Indonesia yang tampil di Olimpiade," ujar Ita. 

"Saya berterima kasih kepada semua pihak, yakni Kemenpora dan Mas Menpora Dito Ariotedjo, Komite Olimpiade Indonesia dan Presiden Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission Anindya Bakrie, KONI Pusat, dan semua pihak yang tak bisa saya sebutkan satu per satu," ucap Ita.

Kini, lanjut Ita, tantangan ke depan tidaklah mudah,  Gymnastics Indonesia harus bisa melanjutkan torehan sejarah yang telah tercatat di Paris. 

“Tugas kita bersama selanjutnya adalah mempersiapkan Tim Gymnastics Indonesia untuk turun di 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championship 2025 di Jakarta dan Olimpiade 2028 Los Angeles dan ini sudah kami persiapkan dari sekarang,” pungkas Ita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya