Rio Waida Harus Pulang Lebih Awal dari Olimpiade Paris

Atlet selancar Indonesia, Rio Waida
Sumber :
  • AP Photo/Gregory Bull

Tahiti – Atlet selancar Indonesia, Rio Waida harus menghentikan perjuangannya di babak kedua Olimpiade Paris 2024 usai kalah dari wakil Afrika Selatan, Jordy Smith Senin, 29 Juli 2024 pagi WIB.

Daftar Atlet Keturunan Indonesia, Ada yang Sempat Jadi Artis

Berselancar di Pantai Teahupo'o, Tahiti, Kepulauan Polinesia Prancis, Rio mencatatkan dua percobaan terbaiknya dengan total 5,40 poin, masing-masing 4,67 di wave pertama dan 0,73 di wave kedua.

Sementara Jordy Smith mampu mengoleksi 9,50 poin dengan tujuh percobaan. Poin terbaik yang dihasilkan peselancar 36 tahun itu 5,50 dan 4,00.

Pengakuan Anthony Ginting Usai Dikalahkan Axelsen di Hong Kong Open 2024

Atlet selancar Indonesia, Rio Waida

Photo :
  • AP Photo/Gregory Bull

Selama 30 menit di heat ketiga, Rio Waida tampak kesulitan menemukan ombak terbaiknya. Dengan hasil ini, peselancar 24 tahun itu harus menyudahi perjuangannya di Olimpiade 2024.

Mencuri Hati Legenda Bulutangkis Indonesia di Audisi PB Djarum

Sebelumnya, pada babak pertama, Rio Waida menempati urutan ketiga. Dia mencatatkan dua ombak terbaik dengan total 5,74 poin, masing-masing 5,17 poin dan 0,57 poin.

Tampil pada Heat 8, Rio bersaing dengan wakil Jepang, Reo Inaba yang menempati urutan pertama dengan total nilai 12,76 poin, dan wakil Italia Leonardo Fioravanti di urutan kedua dengan total nilai 8,87 poin.

Peselancar keturunan Jepang-Jawa ini berhasil melakukan riding tube atau masuk ke dalam gulungan ombak untuk mencatatkan poin pertamanya pada menit ke-11.

Hasil dari babak pertama menunjukkan Inaba dengan skor tertinggi langsung melaju ke babak ketiga, sementara Fioravanti dan Rio yang berada di dua posisi terbawah harus melalui babak eliminasi terlebih dahulu untuk bisa melanjutkan ke Olimpiade Paris 2024.

Atlet selancar Indonesia, Rio Waida

Photo :
  • AP Photo/Francisco Seco

Olimpiade Paris 2024 adalah kali kedua Rio mewakili Indonesia setelah mencapai 16 besar di Olimpiade Tokyo 2020 yang diadakan pada 2021 karena pandemi COVID-19.

Rio mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024 setelah lolos kualifikasi di World Surfing Games 2024 yang diselenggarakan Asosiasi Surfing Internasional (ISA) di Arecibo, Puerto Rico, pada Maret.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya