Presiden IOC Beri Penghargaan Khusus ke Prabowo

Prabowo dan Presiden IOC
Sumber :
  • IOC

Paris – Presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach, memberi penghargaan khusus kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Prabowo Subianto, yang juga merupakan presiden terpilih Republik Indonesia (RI). Keduanya mengadakan pertemuan di Hotel Du Collectionneur, Paris, dalam sela-sela Olimpiade Paris 2024 sekitar pukul 14:00 waktu setempat, Sabtu 27 Jui 2024.

Ridwan Kamil Bakal Contek Gaya 'Oke Gas' Prabowo saat Kampanye Pilkada Jakarta

Adapun penghargaan yang dimaksud berupa plakat medali. Bach menjelaskan plakat tersebut merupakan rancangan dari pendiri IOC, Pierre de Couberti, sebagai bentuk kenangan sejarah di Paris. IOC sendiri resmi dibentuk pada 23 Juni 1894 di Universitas Sorbonne.

Prabowo dan Presiden IOC

Photo :
  • Instagram
Respon Vietnam Lihat DPR RI Janji Kebut Proses Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

“Ini adalah medali yang dirancang oleh pendiri kami Pierre de Coubertin untuk mengenang pendirian IOC di sini, di Paris, di Universitas Sorbonne pada tanggal 23 Juni 1894," ujar Bach dalam rilis resmi yang diterima Minggu 28 Juli 2024. 

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir pula Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir, dan Ketua KOI Raja Sapta Oktohari. Agenda ini merupakan upaya mempererat hubungan Indonesia dengan komunitas olahraga internasional.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Carter Pesawat Agar Tak Kelelahan

Prabowo dan Presiden IOC

Photo :
  • IOC

Di dalamnya turut dibahas tentang pentingnya kerja sama internasional dalam memajukan olahraga dan memberikan inspirasi bagi generasi muda di seluruh dunia. Kehadiran para pejabat Tanah Air itu pun disambut hangat oleh Thomas Bach. 

“Terima kasih banyak. Kehormatan besar, kebahagiaan besar bagi kami. Selamat datang di Olimpiade,  Pembukaan yang indah,” tutur Thomas Bach. 

Prabowo sempat menanyakan total negara yang ikut berpartisipasi pada Olimpiade Paris 2024. Bach kemudian menjelaskan keseluruhan negara kontestan yang ikut multiajang bergengsi dunia itu sebanyak 206 partisipan.

“206. Kami memiliki semua atlet dari semua komite nasional kami yang berjumlah 206,” jawab Bach. 

Sebagaimana diketahui, Kontingen Indonesia sendiri mengirim sebanyak 29 atlet untuk Olimpiade Paris 2024. Mereka bersaing di 12 cabang olahraga (cabor) berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya