7.000 Atlet Menyusuri Sungai di Pembukaan Olimpiade 2024 Paris

Olimpiade Paris 2024
Sumber :
  • AP Photo

VIVA – Upacara pembukaan Olimpiade 2024 diawali dengan parade 7000 atlet yang menyusuri Sungai Seine melewati monumen bersejarah di ibu kota Prancis.

Senang Bukan Main Punya Body Goals, Marshanda: Baju Lamaku yang 10 Tahun Lalu Kepakai Lagi

Upacara pembukaan Olimpiade Paris dimulai pada Jumat waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB, 27 Juli 2024. Ini menjadi pertama kalinya pembukaan Olimpiade digelar di luar stadion.

Sesuai tradisi, kontingen Yunani mendapat kehormatan memimpin armada, sebagai tempat lahirnya gerakan Olimpiade modern.

Antusiasme Peserta Tinggi, Jete Run 2024 Sukses Digelar

Dalam parade yang ambisius dan berisiko tinggi dibanding upacara pembukaan sebelumnya, para atlet berlayar menyusuri sungai dengan armada yang terdiri dari 85 perahu.

Pertunjukan dalam upacara pembukaan Olimpiade memadukan budaya dan sejarah Prancis serta momen-momen hebat Olimpiade di masa lalu. Bintang pop AS Lady Gaga menjadi penampil pertama, memukau penonton dalam upacara tersebut.

Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Meskipun prakiraan cuaca akan turun hujan lebat dan serangan "sabotase" melumpuhkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi Perancis pada Jumat pagi, penyelenggara tetap yakin dapat melaksanakan upacara pembukaan tersebut.

Ketua penyelenggara Olimpiade Tony Estanguet sebelum pertunjukan mengatakan akan ada beberapa modifikasi jika hujan, namun dia menegaskan cuaca tidak akan mengurangi suasana.

"Ini akan menjadi momen yang indah, ini akan menjadi pesta yang hebat," kata Estanguet, seperti disiarkan AFP, Sabtu dini hari.

Upacara pembukaan Olimpiade dijaga oleh 45.000 polisi dan petugas paramiliter, dan 10.000 tentara lainnya serta 22.000 penjaga keamanan swasta. Penembak jitu polisi ditempatkan di sejumlah titik gedung tinggi di sepanjang sungai.

Ilustrasi lari.

Banyak Lomba Lari Digelar, Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

Lari merupakan olahraga paling mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Ada banyak manfaat yang didapat jika rutin melakukan olahraga ini.

img_title
VIVA.co.id
5 September 2024