Intip Seragam Defile Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024, Terinspirasi Raden Saleh

Seragam defile Indonesia Olimpiade Paris 2024
Sumber :
  • Instagram

Paris – Seragam defile Kontingen Indonesia di pembukaan Olimpiade Paris 2024 telah rilis. Pakaian tersebut tampak elegan dengan warna biru gelap untuk pria dan merah untuk wanita.

RK di Depan Warga Betawi: Saya dan Pak Prabowo Bestie, Gampang Kalau Ada Apa-apa

Seragam itu pun terinspirasi dari sosok pionir seniman besar Indonesia, Raden Saleh. Desain pakaian itu diciptakan oleh putra dari Presiden Republik Indonesia (RI) terpilih Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo atau Didit Prabowo.

Seragam defile Indonesia Olimpiade Paris 2024

Photo :
  • Instagram
Pramono Anung soal Hubungannya dengan Prabowo: Secara Pribadi Sangat Baik

Konsep seragam defile tersebut dibentuk dengan sangat sederhana tapi elegan. Pada pakaian pria, Didit menambahkan lambang bendera Merah Putih yang melingkari lengan kanan juga lengkap blangkon hitam untuk aksesoris kepala.

Di bagian bawah, Didit mendesain celana bahan putih polos dengan sepatu sandal hitam khas nuansa zaman dahulu. Sementara penampilan seragam wanita jauh lebih simpel dan estetis dengan perpaduan kebaya merah dan celana putih juga sepatu sandal hitam.

Prabowo Kunker ke Kamboja, Bahas Kolaborasi untuk Pembangunan ASEAN

Dalam hal ini, konsep kesederhanaan menjadi filosofi dasar Didit dalam menciptakan desain seragam defile tersebut. Raden Saleh menjadi sosok yang mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional.

Seragam defile Indonesia Olimpiade Paris 2024

Photo :
  • Instagram

“Kesederhanaan filosofi desain tradisional Indonesia menjadi dasar pemikiran Didit Hediprasetyo dalam mendesain Seragam defile Tim Indonesia untuk Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024,” dalam keterangan yang tertulis di Instagram @timindonesiaofficial, Jumat 26 juli 2024.

“Desain terinspirasi dari sosok Raden Saleh, pelukis pionir beraliran Romantisme asal Jawa. Perjalanannya dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional yang kini menghiasi dinding Rijksmuseum dan Louvre,” lanjut keterangan itu.

Didit pun berharap desainnya itu bisa menjadi wujud kebanggaan dan membangkitkan semangat hingga ketangguhan bangsa Indonesia di mata dunia. Dia juga berharap para atlet Kontingen Indonesia semakin percaya diri tampil di Olimpiade Paris 2024.

“Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita. Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia,” tutur Didit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya