14 Ribu Orang Daftar Volunteer PON 2024 di Sumut

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PB PON XXI wilayah Sumut, Ismael Sinaga.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan – 14 ribu orang telah mendaftarkan diri untuk menjadi volunteer Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 untuk wilayah Sumatera Utara. Namun data tersebut masih jauh dari target yang ditetapkan.

Rizki Juniansyah Pecahkan Rekor Nasional di PON 2024

Karena sejak awal target volunteer untuk PON 2024 wilayah Sumut mencapai 70 ribu orang. Guna memenuhinya, PB PON Sumut coba memperluas sosialisasi dari informasi ke masyarakat.

"Saat ini, volunteer yang sudah mendaftar 14.000 orang. Kami menargetkan bisa merekrut 70.000 sukarelawan," ucap Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PB PON XXI wilayah Sumut, Ismael Sinaga, Rabu 24 Juli 2024..

Main di Kelas 89 Kg, Rizki Juniansyah Raih Medali Emas di PON 2024

Ismail menjelaskan sosialisasi rekrutmen volunteer dilakukan secara masif di 33 Kabupaten/Kota se-Sumut. Bahkan hingga  kampus, sekolah, kelompok masyarakat, dan organisasi kepemudaan.

"Kami optimistis yang mendaftar menjadi sukarelawan dalam ajang nasional sesuai target sebelum pelaksanaan PON," sebut Ismael, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sumut itu.

PB PON Sumut Sediakan Tiket Gratis On The Spot di Venue Pertandingan

Ismael memastikan para volunteer akan mendapatkan berbagai layanan fasilitas selama bertugas. Berupa atribut hingga reward bagi mereka yang masuk dalam kategori green volunteer. 

"Fasilitas diberikan kepada petugas langsung berupa kartu pengenal, atribut, insentif sesuai dengan ketentuan. Selain itu juga diberikan jaminan ketenagakerjaan dan sertifikat. Pelibatan masyarakat menjadi volunter  pada PON ini untuk memecahkan rekor MURI," jelas Ismael.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara menargetkan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) volunteer terbanyak se-Indonesia pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. 

Hal itu, diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni pada talkshow road to PON Aceh-Sumut XXI 2024 di Plaza Medan Fair, Jalan Gatot Subroto, Kota Medan, Sabtu 20 Juli 2024. Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat untuk segera bergabung menjadi volunteer PON. 

“Kita perlu menyukseskan PON ini bersama, yang tidak panitia, bisa bergabung menjadi volunteer terjun langsung menyukseskan perhelatan ini,” kata Fatoni.

Fatoni menjelaskan terdapat tiga kategori volunteer pada pelaksanaan PON XXI. Kategori pertama adalah green volunteer, yaitu mereka yang terjun secara langsung dan akan tergabung ke dalam panitia pelaksana. 

Selanjutnya, kategori kedua adalah blue volunteer, yaitu mereka yang tetap bekerja, beraktivitas, sebagaimana keseharian. Nantinya, mereka akan disematkan berupa attribute duta Sumatera Utara. Terakhir, kategori ketiga adalah yellow volunteer, yaitu mereka yang akan terlibat di event dengan tujuan untuk mendapat pengalaman. 

“Semua masyarakat bisa turut menjadi volunteer sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, silakan semua mendaftarkan diri untuk sama-sama terjun langsung menyukseskan ini,” kata Fatoni. 

Fatoni mengatakan kesempatan menjadi volunteer PON tidak datang dua kali. Maka kesempatan menjadi volunteer mestilah diambil. 

“Ini pengalaman yang belum tentu terulang di Sumut, belum tentu lagi kita bisa jadi tuan rumah PON,” kata Fatoni. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya