Pemprov Sumut Target Pecahkan Rekor MURI, Volunteer Terbanyak di PON 2024

Acara talkshow road to PON Aceh-Sumut di Plaza Medan Fair, Kota Medan.(dok Pemprov Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan   –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara bertekad memecahkan rekor relawan Museum Rekor Indonesia (MURI) terbanyak se-Indonesia pada perhelatan PON 2024.

Pj Bupati Tangerang Lepas Atlet Menembak Kabupaten Tangerang Ke Ajang PON 2024

Hal itu disampaikan oleh Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni pada talkshow road to PON Aceh-Sumut XXI 2024 di Plaza Medan Fair, Jalan Gatot Subroto, Kota Medan, Sabtu 20 Juli 2024. Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat untuk segera bergabung menjadi relawan PON. 

“Kita perlu menyukseskan PON ini bersama, yang tidak panitia, bisa ikut menjadi relawan terjun langsung menyukseskan perhelatan ini,” kata Fatoni.

Krischayani Kurniawan, Atlet Senam DKI Jakarta Raih Medali Emas di Nomor Perorangan Putri

Fatoni menjelaskan terdapat tiga kategori relawan pada pelaksanaan PON XXI. Kategori pertama adalah green volunteer, yaitu mereka yang terjun secara langsung dan akan tergabung ke dalam panitia pelaksana. 

Selanjutnya, kategori kedua adalah relawan biru, yaitu mereka yang tetap bekerja, beraktivitas, sebagaimana keseharian. Nantinya, mereka akan disematkan berupa atribut duta Sumatera Utara. Terakhir, kategori ketiga adalah relawan kuning, yaitu mereka yang akan terlibat dalam acara dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman. 

Bukan di 73 Kg, Ini Alasan Rizki Juniansyah Main di Kelas 89 Kg Cabor Angkat Besi PON 2024

“Semua masyarakat bisa ikut menjadi relawan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, silakan semua mendaftarkan diri untuk sama-sama terjun langsung menyukseskan ini,” kata Fatoni. 

Fatoni mengatakan kesempatan menjadi relawan PON tidak datang dua kali. Maka kesempatan menjadi sukarelawan haruslah diambil. 

“Ini pengalaman yang belum tentu terulang di Sumut, belum tentu lagi kita bisa jadi tuan rumah PON,” kata Fatoni. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KONI Jhon Ismadi Lubis juga mengajak masyarakat untuk ikut serta berkontribusi pada PON, salah satu kontribusinya adalah menjadi volunter. Jika tidak menjadi relawan, Jhon juga menyebut menjadi suporter atlet pun merupakan kontribusi yang bisa diberikan. 

“Ayo kita jadi suporter bagi atlet kita yang berjuang membawa harum Sumut, kalau kita tidak bisa jadi suporter kita bisa doakan atlet Sumut kita berprestasi,” ujar Jhon. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, di antaranya Wakapolda Sumut Rony Samtana, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus dan OPD Pemprov Sumut lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya