Gelar Ajang Internasional, Meikarta Speedway Jadi Andalan IMI Jawa Barat

Meikarta Speedway
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Sirkuit balap Meikarta Speedway di Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, menjadi arena primadona Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Jawa Barat untuk melangsungkan beragam kejuaraan berskala regional, nasional, hingga internasional.

Suzuki Ajak Pemilik GSX-R150 dan Satria F150 Balapan di Sentul

Presiden Direktur Meikarta Indra Azwar mengatakan, menyambut hangat kepercayaan IMI Jawa Barat yang menjadikan Meikarta Speedway sebagai arena andalan olahraga otomotif. 

Indra pun mengaku bangga Meikarta Speedway menerima anugerah IMI Jabar Award 2024 dalam kategori Pendukung Kegiatan IMI Terlengkap yang diselenggarakan belum lama ini.

Bendix X KDRT Bidik Podium Balap Ketahanan Level Asia di Sepang Malaysia

"Apalagi saat ini Jawa Barat menjadi gudang pembalap andal. Hal itu saya saksikan langsung pada acara IMI Jawa Barat Award tersebut," kata Indra, Jumat 19 Juli 2024.

Pihaknya berkomitmen untuk terus menjadi bagian dari perkembangan olahraga otomotif nasional khususnya di Provinsi Jawa Barat, terlebih kehadiran IMI sebagai wadah generasi muda guna dalam menyalurkan hobi otomotif dinilai sangat positif.

Seri Terakhir Superchallenge Supermoto Race 2024 Janjikan Pertarungan Sengit

"Agar mereka terhindar dari balapan liar dan kegiatan tidak produktif, makanya kami terus menggandeng IMI untuk melakukan kegiatan di sirkuit Meikarta Speedway," ucapnya.

Pihaknya bahkan telah menunjuk Kepala Bidang Olahraga Mobil IMI Jawa Barat Fredi Rostiawan sebagai penanggung jawab sekaligus pengelola sirkuit Meikarta Speedway.

Sejak penunjukan pada 6 Juli, IMI langsung menggelar kejuaraan drift berskala internasional lewat skema kerja sama dengan Akbar Rais.

Ajang bertajuk "Internasional D1 Grand Prix Indonesia" dihadiri 48 'drifter' terbaik dari Indonesia dan berbagai negara seperti Filipina, Thailand, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Australia, hingga Amerika dengan tiga juri asal Jepang.

Indra pun mengaku sangat senang dan bangga bisa menyaksikan Ziko Harnadi drifter Indonesia menjadi juara umum "D1GP South East Asia 2024" tersebut.

"Kami merasa terhormat karena Meikarta menjadi tempat bersejarah bagi drifter Indonesia memenangkan kejuaraan internasional, sehingga bendera Merah Putih makin berkibar di kancah global," katanya.

Tiga hari setelah "D1GP South East Asia 2024" selesai, sirkuit Meikarta Speedway bergema kembali lagi oleh latihan bersama "Drag Bike & Drag Race".

Kegiatan ini berlangsung setiap Rabu, dimotori Ketua Harian IMI Jabar Martin Harjawinata serta dibuka secara langsung melalui seremoni opening flag oleh Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

"Tempat latihan Drag Bike dan Drag Race pertama yang menggunakan timing system. Dan di Meikarta Speedway ini adik-adik bisa merasakan namanya latihan rasa kejuaraan dan juga tempatnya sangat bagus terus nonton gratis," kata Martin Harjawinata.

Ketua IMI Kabupaten Bekasi Juanda Rahmat mengatakan sirkuit Meikarta Speedway Latber atau latihan bersama setiap Rabu ini menggunakan lintasan sepanjang 201 meter dengan panjang pengereman 215 meter.

Ia mengaku latihan bersama ini dibuka untuk semua komunitas otomotif dan didukung langsung oleh Meikarta serta Satlantas Polres Metro Kabupaten Bekasi.

Dalam waktu dekat Meikarta Speedway kembali akan menggelar kejuaraan besar pada Agustus. Ajang bertajuk MSF24 itu akan mempertandingkan nomor rally, slalom, serta drift dengan dukungan acara hiburan, bazar UMKM, serta kegiatan menarik lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya