Tumbuhkan Minat Olahraga, Ganesha ITB Cup 2024 Siap Digelar

Ganesha ITB Cup 2024
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Sebanyak 250 peserta akan tampil di Turnamen tenis antar alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bertajuk Ganesha ITB Cup 2024.

Mahasiswa ITB Didorong Dalami Penelitian Terkait Pengolahan Air

Ajang ini bakal berlangsung di Lapangan Tenis Hotel Borobudur, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada 27-28 Juli 2024.

Ketua Panitia Ganesha ITB Cup 2024, Syawalianto Rahmaputro, mengatakan turnamen ini digelar untuk ke-14 kalinya sejak 2009.

Banyak Lomba Lari Digelar, Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

Ganesha ITB Cup sempat absen selama dua tahun pada 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19.

Anto sapaan akrabnya menyebut saat ini pendaftaran pemain sudah penuh sejak dibuka pada pertengahan Juni sampai awal Juli 2024. Terdapat tujuh kategori permainan berdasarkan usia di Divisi Masters dan dua kategori permainan di Divisi Challengers. 

Senang Bukan Main Punya Body Goals, Marshanda: Baju Lamaku yang 10 Tahun Lalu Kepakai Lagi

Divisi Masters dikhususkan untuk pertandingan pasangan yang sudah berada di kelas advance dan memiliki pengalaman yang tinggi dibidang tenis.

Sedangkan Divisi Challengers dibuat khusus untuk penantang-penantang baru sehingga bisa memberikan wadah bagi pemula untuk berkontribusi di turnamen tenis ini. 

"Turnamen tenis ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat bermain tenis antar kalangan alumni. Selain itu, kami juga mendukung berkembangnya talenta-talenta pada olahraga tenis demi sumbangsih prestasi nasional," kata Anto, Kamis 18 Juli 2024.

Anto menambahkan bahwa turnamen tenis ini hampir diikuti oleh semua jurusan di ITB, dari angkatan yang baru lulus sampai 1972. Turnamen ini bukan mewakilkan jurusan karena bersifat perorangan.

Anto menurutkan dalam tiga tahun terakhir, Ganesha ITB Cup selalu digelar di Jakarta. Turnamen tenis ini juga pernah diadakan di Bandung beberapa kali karena mengingat ITB berasal dari Kota Kembang.

"Saya selaku Ketua Panitia Ganesha ITB Cup 2024 mengucapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, salah satunya Pertamina Persero yang merupakan sponsor utama kami. Dengan ini saya menyatakan bahwa Ganesha ITB Cup 2024 resmi dimulai," kata Anto.

Sementara itu, Ketua Persatuan Tenis Ganesha IA ITB, Montty Giriana, mengatakan turnamen ini tidak boleh berhenti dan harus digelar setiap tahun. Pasalnya, turnamen ini selalu dinantikan oleh para alumni-alumni ITB. 

Dalam tiga bulan terakhir, para alumni ITB sudah mulai berlatih dengan serius untuk bertanding pada ajang tersebut. Selain bertanding, turnamen ini digelar sebagai ajang silaturahmi antar alumni ITB.

"Ini ajang reuni alumni ITB dari berbagai angkatan dan jurusan. Para peserta yang daftar itu mulai dari usia 24 tahun sampai 73 tahun," kata Montty.

"Panitia sudah membuat aturan main yang adil dan dikelompokan dalam pertandingan. Terakhir kami ingin mendorong gaya hidup sehat di kalangan alumni ITB," ucap Montty.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya