Hidupkan Yogyakarta Kota Sepeda, Wakil Ketua Kadin DIY Siapkan Program Sego Segawe Comeback

Ilustrasi Pesepeda menggunakan jalan raya.
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Yogyakarta 16 tahun lalu, Kota Yogyakarta pernah punya sebuah program bernama Sego Segawe. Sego Segawe merupakan akronim dari Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe.

Muncul Gerakan Coblos 3 Paslon di Pilgub Jakarta, Pramono Bilang Begini

Program Segosegawe ini di-launching pertama pada 13 Oktober 2008 lalu oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Walikota Kota Yogyakarta Herry Zudianto.

Pasca diluncurkannya program Sego Segawe ini Kota Yogyakarta mulai berbenah. Jalan-jalan diberi lajur khusus pesepeda dan ruang tunggu pesepeda di tiap lampu merah.

Fajar Hadi Janji Wakafkan Gajinya Jika Terpilih Jadi Wakil Wali Kota Cilegon

Jalur-jalur alternatif bagi pesepeda juga dibuat. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya rambu penunjuk jalan jalur alternatif pesepeda di Kota Yogyakarta.

Hingga saat ini infrastruktur untuk pesepeda masih terlacak jejaknya di Kota Yogyakarta. Sayangnya, pasca gerakan Sego Segawe tak lagi massif didukung oleh pemerintah, roh Kota Yogyakarta sebagai Kota pesepeda pun mulai tenggelam.

Indonesia Infrastructure and Finance Compact Diluncurkan Fokus Pembiayaan Ini

Kirab pendaftaran Wawan Harmawan maju Pilkada Yogyakarta

Photo :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Bakal Calon Walikota Yogyakarta untuk periode 2024-2029 Wawan Harmawan berkomitmen untuk menghidupkan lagi program Sego Segawe. Program ini akan dinamai Sego Segawe Comeback.

Wakil Ketua KADIN DIY ini menilai program Sego Segawe masih sangat relevan untuk dihidupkan kembali di Kota Yogyakarta. Semangat Sego Segawe ini dianggap Wawan hanya perlu dibranding ulang saja.

"Kota Yogyakarta itu punya infrastruktur jalur-jalur pesepeda yang cukup baik. Kalau memang masih ada kekurangan, nanti kita perbaiki dan tambahkan," ucap Wawan, Kamis 18 Juli 2024.

"Yang paling penting selain infrastrukturnya masih ada, saya melihat semangat dari masyarakat untuk bersepeda ini masih tinggi. Kita bisa lihat hampir setiap pekan jalanan di Kota Yogyakarta banyak pesepeda," lanjut Wawan.

Wawan membeberkan banyak pula acara-acara bersepeda yang diadakan komunitas-komunitas pesepeda yang hingga saat ini masih terus dilakukan. 

Wawan menyampaikan saat pandemi COVID-19 beberapa waktu yang lalu, aktivitas bersepeda juga ramai dilakukan di Kota Yogyakarta.

"Saya melihat Sego Segawe yang dulu ada ini baik untuk dimunculkan lagi. Kita rebranding ulang lagi jadi Sego Segawe Comeback. Nanti bersama-sama, pemerintah, masyarakat umum hingga komunitas pesepeda kita hidupkan lagi Yogyakarta sebagai Kota Sepeda lewat Sego Segawe Comeback ini," tutup Bendahara Umum KONI DIY ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya