2 Rekornas Kelompok Umur Pecah di Millennium Cup Sprint Challenge 2024

Millennium Cup Sprint Challenge 2024
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Millennium Cup Sprint Challenge 2024 digelar di Kolam Renang Pertamina Millennium Aquatic Center, Simprug, Jakarta pada 13-14 Juli 2024. Pada kesempatan ini, dua rekor nasional (rekornas) untuk kelompok umur mampu dipecahkan.

Kado HUT RI ke-79, Rajawali Swimming Club Borong Medali di AOSI 2024 Bangkok

Total ada 350 perenang dari berbagai kota di Indonesia yang turut ambil bagian dalam ajang ini. Mereka berasal dari Jakarta, Tangerang, Sidoarjo, Palu, Banten, Serang, Tangerang Selatan, Jambi, dan Bandar Lampung.

Albert Sutanto dan Felix Sutanto sebagai penyelenggara Millennium Cup Sprint Challenge senang ajang ini bisa memunculkan prestasi luar biasa.

Perenang Inggris Temukan Cacing di Makanan Atlet Olimpiade Paris

"Semangat dan dedikasi atlet-atlet yang luar biasa ini membuat kami yakin masa depan renang Indonesia akan lebih baik dan untuk itu kami berkomitmen penuh terus mendukung pembinaan mereka melalui event-event sejenis di waktu yang akan datang," kata Felix.

Pada hari pertama Millennium Cup Sprint Challenge 2024 yang dipertandingkan adalah kategori segala usia dan master. Mereka beradu di nomor 200 M Gaya Bebas, 100 M Gaya Dada, 50 M Gaya Punggung, 100 M Gaya Kupu-Kupu, dan 50 M Gaya Bebas.

Pasca Ditangkap Polisi, Pelaku Tendang Pelatih Renang Perempuan Mohon Maaf dan Minta Damai

Millennium Cup Sprint Challenge 2024

Photo :
  • Istimewa

Sedangkan pada hari kedua, yang dipertandingkan adalah 200 M Gaya ganti perorangan, 50 M Gaya Kupu-kupu, 100 M Gaya Punggung, 50 M Gaya Dada, dan 100 M Gaya Bebas. Rekor nasional kelompok umur II dan III pecah pada hari itu.
 
Perenang dari Millenium Aquatic Jakarta, Adelia Chantika Aulia berhasil memecahkan rekor di 50 M Gaya Kupu-kupu KU III Putri dengan catatan waktu  28,41 detik, atau 0,43 detik lebih baik dari rekor KU III sebelumnya yaitu 28,84 atas nama Bilqish Wijiningtyas. Pada hari sebelumnya, perenang berusia 13 tahun itu juga panen emas di nomor-nomor 200 M Gaya Bebas Putri, 100 M Gaya Dada putri dan 100 M Gaya Kupu-kupu putri. 

Rekor nasional kelompok umur lainnya yang pecah ada di nomor 50 M gaya kupu KU II Putri. Di mana Michele Surjadi Fang mencatatkan waktu 28,21 detik, melampuai catatan milik Angel Gabriella Yus, yakni 28,50 detik. Perenang berusia 15 tahun itu adalah andalan dari Millennium Aquatic Jakarta.

PT. Avatra Lintas Media memberikan sepeda listri kepada para pemecah rekor. Herty P Purba selaku Direktur Utama mengaku bangga dengan capaian para atlet-atlet ini. "Mereka memecahkan rekor di usia belia, seperti Michele dan Adelia ini."

Millennium Cup Sprint Challenge 2024 ditutup dengan penganugerahan gelar perenang terbaik dengan kriteria peraih medali terbanyak untuk masing-masing grup. Joe Aditya Wijaya, yang akan mewakili Indonesia berlaga di Olimpiade 2024 Paris terpilih sebagai perenang terbaik putra kelas senior. Karena dia mendapatkan empat medali emas dan satu perak.

Dari grup senior putri, yang menjadi perenang terbaik adalah Azzahra Permatahani dari klub Elmas Swimming Club Palu. Dia berhasil mengumpulkan tiga emas dan satu perak. 

Millennium Cup Sprint Challenge 2024 diselenggarakan dengan dukungan dari Federasi Akuatik Indonesia, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), serta berbagai sponsor dan mitra media dan tentunya dari Pertamina sebagai pendukung utama Kolam Renang Pertamina Millennium Aquatic Center

"Pihak penyelenggara sangat berterimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung, antara lain Sesmenko Polhukam RI, Anindya Novyan Bakrie, Maman Wirjawan, Pertamina, Akuatik Indonesia–DKI Jakarta, LMen, Pout Care, Orangtua Group, Milo, dan KAHF," ujar Cherry Sutanto selaku perwakilan Organizing Committee.

10 Perenang Terbaik - Millennium Cup Sprint Challenge 2024

PUTRA
1.    Jeremy Elyon M Damanik– Millenium Aquatic Jakarta – Grup 1
2.    M. Kenzei Kautsar Prihandono – Wolves SC Surabaya – Grup 2
3.    Razka Putra Diandra – Jaka Utama SC Bandar Lampung – Grup 3
4.    Alvaro Naufal Matulatuwa – Citius Aquatic Tangerang – Grup 4
5.    Joe Aditya Wijaya Kurniawan – Elmas Swimming Club Palu – Senior 

PUTRI
1.    Eiffelyn Laodkia Rose DP - Citius Aquatic Tangerang – Grup 1
2.    Michelle Surjadi Fang – Millenium  Aquatic Tangerang – Grup 2
3.    Adelia Chantika Aulia – Millenium Aquatic Jakarta – Grup 3
4.    Jeanita Naila Najah Mahendra Santoso – Enggang Jaya SC – Grup 4
5.    Azzahra Permatahani – Elmas  Swimming Club Palu – Senior

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya