Medan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Internasional Sepatu Roda, Bakal Diikuti 5 Negara

Walikota Medan, Bobby Nasution saat melepas atlet sepatu roda dalam kompetisi di Medan, beberapa waktu lalu.(dok Pemko Medan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan – Kejuaraan Sepatu Roda tingkat Internasional Bintang Medan Open 2024, bakal diikuti 4 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, India dan Vietnam. Event internasional ini, akan digelar di Arena Sepatu Roda Taman Cadika, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, 9 hingga 11 Agustus 2024.

IUQI Bogor Berangkatkan 15 Mahasiswanya KKM Internasional ke Thailand

Event tersebut, akan diikuti ratusan atlet dari seluruh Indonesia, yakni Sumut, Kalimatan Timur, Jawa Barat, Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Yogyakarta dan DKI Jakarta serta provinsi lainnya.

Walikota Medan, Bobby Nasution kepada wartawan mengatakan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kejuaraan tersebut. Bobby juga mengapresiasi klub sepatu roda Bintang Medan Roller Skate (BMRS) selaku penyelenggara kompetisi tingkat internasional tersebut.

Dukungan Asosiasi Profesi dalam Menghadirkan Event Internasional di Indonesia

"Apresiasi saya berikan kepada Bintang Medan yang akan menggelar kejuaraan sepatu roda tingkat internasional ini. Apalagi rencananya akan diikuti juga atlit dari negara tetangga kita," ucap Bobby di Kota Medan, Senin 15 Juli. 

Jadi Tuan Rumah PON 2024, Atlet Sumut Dapat Kesempatan Tes Venue Sebelum Bertanding

Dalam kejuaraan ini, Bobby meminta agar para atlit yang berasal dari Kota Medan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Apalagi, kejuaraan ini digelar sebagai pemanasan bagi atlit Sepatu Roda Sumatera Utara menjelang PON Sumut-Aceh 2024.

"Kejuaraan ini sangat dibutuhkan bukan hanya untuk Kota Medan, tapi nasional untuk menggali potensi atlit masa depan," ucapnya.

Bobby menjelaskan, kejuaraan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi. Tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa melalui olahraga. 

Kejuaraan ini diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit atlet sepatu roda berprestasi yang dapat membawa nama Indonesia ke kancah internasional. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga sepatu roda serta mempromosikan gaya hidup sehat dan aktif.

"Kami sangat bangga dapat menjadi tuan rumah Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat Internasional Sepatu Roda ini. Ini adalah kesempatan emas bagi Medan untuk menunjukkan bahwa kita mampu menyelenggarakan acara besar dengan standar yang tinggi," katanya.

"Kami berharap para atlet dapat menunjukkan sportivitas dan semangat juang yang tinggi selama kompetisi ini," sambungnya. 

Mantu Presiden Joko Widodo ini berpesan kepada panitia untuk mempersiapkan kejuaraan tersebut dengan baik. Mulai dari keamanan, kenyamanan, hingga aspek teknis pertandingan. 

"Kami mengundang seluruh masyarakat Medan dan sekitarnya untuk datang dan memberikan dukungan kepada para atlet. Kehadiran dan dukungan dari masyarakat akan menjadi penyemangat bagi para peserta untuk memberikan yang terbaik," ujarnya.

Ketua Panitia Kejuaraan Sepatu Roda tingkat Internasional BM Open 2024, Asra Lingga mengatakan kejuaraan tersebut akan memperebutkan total 270 medali yang berasal dari kategori speed, standar dan pemula. 

Lingga menjelaskan, nomor lomba Pemula dengan jarak 100 dan 200 meter. Kemudian, kategori standart KU A-D dengan jarak 300, 500 dan 1000 meter serta Relay. 

"Sedangkan kategori speed KU A-JunSen dengan nomor lomba ITT 200 meter. Kemudian 500, 1000 meter dan Eliminasi 3000 meter untuk KU A dan B, 5000 meter untuk KU C dan D serta 10 ribu meter untuk JunSen dan Relay," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya