Menpora Resmi Kukuhkan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, Sebut Rekor Terbanyak

Pengukuhan kontingen Olimpiade Paris 2024 di Kemenpora
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, resmi mengukuhkan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. Acara tersebut berlangsung hari ini, Rabu 10 Juli 2024 di Auditorium Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pukul 14.00 WIB.

Tambah Perak Lewat Boccia, Kontingen Indonesia di Paralimpiade 2024 Kumpulkan 13 Medali

Sebanyak 29 atlet Tanah Air siap diberangkatkan untuk menjalani multiajang bergengsi dunia itu. Atlet-atlet tersebut terdiri dari 12 cabang olahraga (cabor) yang berbeda dengan jumlah 16 putra dan 13 putri.

Kontingen Indonesia di Olimpiade 2024

Photo :
  • Sangga Buana
Jaring Atlet Berbakat, Turnamen Futsal Terbesar Tingkat SMA di Indonesia Kembali Digelar

Dito menyampaikan ini menjadi jumlah yang terbanyak dalam 15 hingga 20 tahun terakhir Indonesia mengikuti Olimpiade. Dia berharap agar kontingen Tanah Air ini bisa memberikan medali di multiajang tersebut.

Pengukuhan kontingen Olimpiade Paris 2024 di Kemenpora

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Selain itu, pencapaian prestasi kontingen Indonesia saat ini juga dikatakan meningkat. Ini lantas menjadi sebuah kebanggaan tersendiri yang diharapkan bisa dipertahankan kedepannya. 

"Kita mengikuti 12 cabor dari 32 Olimpiade. Ada 29 atlet yang terdiri dari 16 atlet pria dan 13 atlet putri. Kontingen kali ini merupakan yang terbanyak dalam sejarah Olimpiade Indonesia 15 hingga 20 tahun terakhir,” ujar Dito dalam sambutannya, Rabu 10 Juli 2024.

Menpora Dito dan CdM Olimpiade Anindya Bakrie

Photo :
  • Sangga Buana

Adapun pengukuhan tersebut ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Menpora ke CdM Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, Anindya Bakrie. Kemudian acara dilanjutkan pada pembacaan janji atlet dan penciuman bendera Merah Putih secara bergilir.

Dalam acara tersebut turut dihadiri kepala-kepala cabor. Beberapa di antaranya ada Ketua Umum (Ketum) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid.

Anindya dalam sambutannya menyampaikan persiapan para atlet cukup baik. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang menjalani pemusatan latihan (TC) di luar negeri.

Selain itu, dia juga memastikan persiapan tim medis sudah baik. Para atlet Olimpiade nantinya akan diberangkatkan dalam waktu yang berbeda-beda. 

Setelah pengukuhan di Kemenpora, para atlet akan berangkat ke Istana Negara untuk dilepas oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Adapun Olimpiade Paris 2024 sendiri nantinya akan mulai digelar mulai 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya