Lari Vs Bersepeda, Mana yang Lebih Ampuh Bakar Kalori untuk Menurunkan Berat Badan?

Ilustrasi lari.
Sumber :
  • Freepik/master1305

Jakarta – Lari dan bersepeda merupakan pilihan olahraga outdoor yang dipilih banyak orang untuk membakar kalori. Sebab, keduanya adalah latihan kardiovaskular baik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk efektif membantu penurunan berat badan.

Ibnu Jamil Meriahkan Event Run Experience 2024 di TMII

Lari dan bersepeda tidak hanya menyediakan cara yang menyenangkan untuk membakar kalori, tetapi juga menawarkan keunggulan dalam hal efisiensi untuk menurunkan berat badan. Scroll untuk baca info lebih lengkapnya, yuk!

Melansir dari Healthline, secara umum, berlari membakar lebih banyak kalori dibandingkan bersepeda. Namun, berlari juga lebih memberikan dampak tinggi dan lebih sulit bagi otot dan sendi. Lantas, mana yang lebih baik?

Berat Badannya 37 Kg, Prilly Latuconsina Dikritik karena Terlalu Kurus: Aku Nyaman dan Sehat

Ilustrasi bersepeda/olahraga.

Photo :
  • Freepik/freepik

Lari Vs Bersepeda

Selain Ampuh Merontokan Berat Badan, ini 7 Manfaat Diet Tepung yang Menarik Diketahui

1.  Lari

Lari adalah latihan yang intensitasnya dapat bervariasi dari jogging ringan hingga lari cepat atau interval training. Ini dapat membakar kalori dengan cepat karena melibatkan banyak otot besar seperti kaki, panggul, dan inti tubuh.

Selain itu, lari meningkatkan metabolisme basal, yang berarti tubuh akan terus membakar kalori bahkan setelah latihan selesai.

 Untuk jumlah kalori yang dibakar selama lari, tergantung pada berbagai faktor seperti berat badan, intensitas, dan durasi latihan. 

2. Bersepeda

Sama halnya seperti lari, bersepeda adalah latihan kardiovaskular yang baik untuk membakar kalori. Ini juga melibatkan otot besar seperti kaki dan panggul. Bagi kamu yang ada masalah pada persendian, bersepeda bisa menjadi pilihan.

Sebab, bersepeda dianggap lebih ramah terhadap sendi dibandingkan dengan lari karena tidak ada benturan keras yang terjadi. Lalu, untuk jumlah kalori yang dibakar saat bersepeda juga tergantung pada berat badan, kecepatan, dan intensitas. 

Kedua aktivitas ini memiliki manfaat yang signifikan untuk pembakaran kalori dan penurunan berat badan. Pilihan tergantung pada preferensi pribadimu, ketersediaan waktu, dan kondisi fisik. Idealnya, gabungkan berbagai jenis latihan kardiovaskular dalam rutinitas olahragamu agar dapat memberikan manfaat terbaik untuk kesehatan dan penurunan berat badan. 

Selain itu, jangan lupa mengimbangi dengan pola makan sehat dan gaya hidup aktif secara umum untuk mencapai tujuan berat badan yang diinginkan. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya