Desain Jersey Indonesia di Olimpiade, Didit Hediprasetyo Terinspirasi Lagu Berkibarlah Benderaku

Pameran jersey Indonesia di Olimpiade Paris
Sumber :
  • NOC Indonesia/Naif Al As

Jakarta – Didit Hediprasetyo memperkenalkan karyanya dalam desain jersey Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Dia memamerkan karya-karyanya di Jakarta pada Kamis sore WIB 4 Juli 2024.

Anindya Bakrie Puji Desain Jersey Indonesia di Olimpiade Karya Didit Hediprasetyo

Didit Hediprasetuo mengaku terinspirasi lagu 'Berkibarlah Benderaku' ciptaan Ibu Sud. Kemudian itu dituangkan dalam beberapa desain jersey, jaket, dan polo shirt yang akan dikenakan para atlet dan ofisial Indonesia di Olimpiade Paris nanti.

"Saya mencari inspirasi untuk koleksi ini waktu itu sempat riset dan dengarkan lagu Berkibarlah Benderaku," kata putra dari Prabowo Subianto itu.

Susahnya Mencari Sekolah Negeri untuk Atlet Berprestasi di Depok

Diakui oleh Didit, dia menyambut tawaran dari NOC Indonesia untuk mendesain jersey untuk Olimpiade Paris karena ingin turut berkontribusi untuk bangsa. Dia juga tak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi dengan cabang olahraga lain yang ingin membuat jersey anyar.

"Saya terima tawaran ini karena satu-satunya yang bisa saya lakukan untuk berkontribusi dan berdedikasi untuk bangsa ini," tutur Didit.

Wushu Indonesia Gelar Kejurnas Taolu dan Sanda Guna Jaring Atlet untuk Kejuaraan Dunia Junior

Pameran jersey Indonesia di Olimpiade Paris

Photo :
  • NOC Indonesia/Naif Al As

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengatakan, kontribusi Didit untuk kontingen Indonesia di Olimpiade Paris bukan sekadar menjadi desainer. Tapi juga dia seperti menjadi sponsor karena dalam menggelar pameran ini, dananya berasal dari Didit Hediprasetyo Foundation.

"Tidak cuma dengan desain, karena sejak awal Didit tidak mau tanggung-tanggung, ternyata uangnya juga dari Didit Hediprasetyo Foundation. Ini jadi contoh kepada semua pihak, prestasi olahraga bukan cuma tanggung jawab Kemenpora, NOC, atau Federasi. Kita semua punya kontribusi," ujar Okto.

Chef de Mission (CdM) Indonesia di Olimpiade Paris, Anindya Novyan Bakrie sejak awal akan membuat jersey kontingen sudah bicara dengan Okto perihal desainer yang tepat adalah Didit. Karena rekam jejaknya juga ada di level internasional, termasuki mendesain jersey klub sepakbola Italia, Como 1907.

"Kita berpikir ini bukan main-main desainnya, sangat penuh dengan nuansa Indonesia. Saya bilang ke Pak Okto dan minta izin ke Mas Didit, kenapa kita tidak coba desainer Indonesia yang sudah level internasional," katanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo yang juga hadir dalam pameran jersey Indonesia di Olimpiade Paris mengaku terkesima dengan desain jersey karya Didit ini.

"Saya terkesima dengan desain-desainnya. Menurut saya bikin jersey itu sangat rumit, jika kita terlalu inovatif karena membawa Merah Putih sangat sensitif. Ternyata ini inspirasinya bendera sedang berkibar."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya