Ratusan Orang Lokal Hingga Bule di Bali Ikuti Festival OWS 2024 di Pantai Jimbaran

Festival Open Water Swimming 2024 di Pantai Jimbaran,Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali – Animo peserta Festival Open Water Swimming (Festival OWS) yang merupakan rangkaian event internasional 2nd Southeast Asia Open Water Swimming Championship 2024 cukup tinggi. Peserta yang mengikuti festival membeludak hingga melebihi target. Festival OWS digelar di Pantai Jimbaran, Bali pada Minggu, 30 Juni 2024.

Mengenal Go Kondo, Perintis Hotel Jepang Pertama Kini Hijrah ke Bali Punya Posisi Mentereng

Sekjen Akuatik Indonesia Ali Patiwiri mengungkapkan total peserta festival sebanyak 380 orang mulai anak-anak usia 12 hingga 74 tahun. Tak hanya dari Indonesia,  peserta festival berasal dari berbagai negara Asia, Australia maupun Eropa yang mayoritas wisatawan asing yang sedang berlibur di Bali.

"Para peserta sangat antusias, bahkan pendaftaran on the spot  dan panitia telah membatasi jumlah peserta," jelas Ali Patiwiri, di Pantai Jimbaran, 30 Juni 2024.

Tak Perlu Bingung Cari Tempat Kuliner Seafood dengan Pesona Sunset, Pantai Jimbaran Pusatnya

Ali menambahkan, dengan animo peserta Festival OWS yang besar, festival ini direncanakan akan dijadikan agenda rutin tahunan.

Indonesia Raih Medali Emas, Harlin Rahardjo: Congrats Buat Fadlan Ini Jadi Modal SEA Games 2025

Menurutnya dengan jumlah peserta yang mengikuti festival kali ini, usulan Pj Gubernur Bali SM Mahendra Jaya untuk menjadikan Festival OWS sebagai agenda rutin tahunan bisa dilaksanakan.

'Ishaallah kita akan agendakan setiap tahun dan karena melihat animo para peserta begitu besar malah sampai hari ini masih banyak yang minta daftar tapi kita sudah ga siapkan. Jadi dengan jumlah yang ada sekarang kita rasa bisa kita jalankan setiap tahun," jelasnya.

Dengan tag line AYO BeRenang, festival OWS diharapkan bisa mendorong semua orang bisa berenang.

"Paling tidak survive apa bila ada terjadi sesuatu misal banjir, bisa menyelamatkan diri masing-masing. Harapan yang kedua ya kalau bisa mereka senang dengan olahraga berenang dan akhirnya menjadi atlet," kata Ali.

Festival OWS di Pantai Jimbaran, Bali

Photo :
  • Istimewa

Festival OWS 2024  melombakan empat kategori, mulai nomor 500 meter, 1.000 meter, 1.500 meter dan 3.000 meter.

Di nomor 3.000 meter dimenangkan Agung Sulaksono Putro Alamsyah dengan catatan waktu 35:39,3. Untuk kategori putri dimenangkan Raina Saumi dengan catatan waktu 39:55,7.

Nomor 1.500 meter putra, perenang tercepat adalah Benji Szanto dengan catatan waktu 20:17,2. Untuk kategori putri dimenangkan Dea Salsabila Putri dengan catatan waktu 20:20,9.

Di nomor 1.000 meter putra yang tercepat Ananda Caraka Ishvara dengan catatan waktu 12:45. Dan kategori putri dimenangkan Ni Putu Virna Berlliana 15 menit 41,13 detik.

Pada nomor 500 meter putra yang tercepat adalah I Kadek Bagastyan Saputra dengan catatan waktu 8:29,1. Untuk putri dimenangkan oleh Ni Kadek Bintang Sastradewi dengan catatan waktu 9:36,0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya