5 Ribu Pelari dari 21 Negara Ramaikan LPS Monas Half Marathon 2024

LPS Monas Half Marathon 2024
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta  – LPS Monas Half Marathon 2024 sukses digelar pada Minggu 30 Juni 2024. Mengangkat tema Reconnect for Change, event akbar lari kolaborasi Harian Kompas (Kompas.id) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berhasil membuktikan bahwa Jakarta dapat dinikmati untuk berlari sekaligus mengukuhkan diri sebagai kota yang ramah bagi pelari.

Run the City Sukses Digelar di 4 Kota, Rekatkan Ikatan Pelari Jelang LPS Monas Half Marathon

Gelaran LPS Monas Half Marathon 2024 dihadiri antara lain oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI -  Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Dewan Komisioner LPS- Purbaya Yudhi Sadewa, Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta -  Heru Budi Hartono, Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS -  Soelistianingsih, Pemimpin Redaksi Harian Kompas (Kompas.id) - Sutta Dharmasaputra, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas (Kompas.id) - Andi Budiman, Anggota Dewan Komisioner Bidang Program Penjamin Simpanan dan Resolusi Bank LPS - Didik Madiyono, dan Sekjen PB PASI- Tigor Tanjung.

Sutta Dharmasaputra menyampaikan, perhelatan LPS Monas Half Marathon ini tidak hanya sebagai kompetisi lari. Acara ini juga menjadi salah satu bukti bahwa Kota Jakarta menjadi kota yang ramah akan pelari. Kolaborasi yang ciamik antara masyarakat, pemerintah, dan stakeholders lainnya terbukti dapat menghasilkan acara lari dengan standar tinggi untuk kemajuan Jakarta.
 
Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, banyak hal baru yang akan diberikan LPS kepada para pelari melalui LPS Monas Half Marathon

Luhut Ajak Produsen Baterai Listrik Kontribusi di Sektor Pendidikan Nasional

“Tahun ini cukup menarik, tidak hanya para pelari yang antusias menaklukan rute 21KM, melainkan warga Jakarta yang juga antusias untuk turut mendukung kesuksesan kegiatan ini. Seluruh pelari bisa merasakan asiknya berlari di Kota Jakarta dengan dukungan dari para warga Jakarta lainnya. Adanya kedekatan ini yang memberikan dampak positif untuk kemajuan bersama. Semangat kedekatan ini juga menjadi semangat LPS melalui LPS Monas Half Marathon, LPS pun semakin dekat dan diketahui oleh kalangan yang lebih luas lagi.

LPS Monas Half Marathon 2024

Photo :
  • Istimewa
Luhut Ungkap Rencana Ekspor Durian ke Tiongkok, RI Bisa Cuan Triliunan

Sehingga LPS semakin bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya nasabah. Dengan terlihatnya dampak kegiatan ini, LPS akan selalu memberikan komitmennya yang juga sekaligus mendukung dunia atletik, dengan memberikan support terhadap salah satu running event berskala internasional di Jakarta, yaitu LPS Monas Half Marathon dan tentu tiap tahunnya akan memberikan sesuatu yang baru serta hadiah menarik untuk para pelarinya!” papar Purbaya Yudhi Sadewa.

Sedangkan Tigor Tanjung menyampaikan, PASI sangat mendukung pelaksanaan LPS Monas Half Marathon untuk menjadi medium para atlet nasional dan pelari lainnya untuk dapat bersaing dengan kancah internasional dan berkompetisi memecahkan rekor nasional yang dipegang oleh atlet nasional kita, yaitu Eduardus Nabunome dan Triyaningsih.

Pada penyelenggaraan kali ini, LPS Monas Half Marathon sukses menarik partisipasi 5000 pelari yang berasal dari 21 negara. Selain tuan rumah Indonesia, para pelari sebagian besar berasal dari Kenya, Jepang, Belgia, dan China. Dari Indonesia, para pelari juga berasal dari berbagai daerah, utamanya DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Para pelari juga berasal dari sekitar 60 komunitas lari.

Pelepasan pelari (flag off) LPS Monas Half Marathon 2024  dimulai di Silang Monas Barat Daya pada pukul 05.00 dan finis di Istora Senayan Gelora Bung Karno, Jakarta. Para pelari menempuh jarak sepanjang 21,095 kilometer.

Usai berlari, para peserta LPS Monas Half Marathon 2024 menikmati beragam aktivitas di race village di Istora Senayan Gelora Bung Karno. Selain menikmati beragam kuliner dalam Local Food Fest, terdapat pula chill corner, serta hiburan dari Project Pop. Keseruan acara dipandu oleh MC Tommy Prabowo dan Devy Santi.

Pada tahun ini program Break The Limit untuk elit belum berhasil terpecahkan. Hal ini harapanya menjadi motivasi atlet muda indonesia untuk bisa memcahkan rekor nasional. Ada sekitar 250 peserta berhasil masuk kedalam  Break The Limit  non-elit dan berkesempatan mendapatkan 2 slot World Marathon Major 2025 dan 10 slot Borobudur Marathon 2025.

Tampil sebagai pemenang adalah Odekta Naibaho sebagai National Women First Winner. Dan Robby Sianturi sebagai Male National First Winner.

Harapan ke depannya, event LPS Monas Half Marathon bisa terus berlangsung tiap tahunnya, semakin banyak pelari, tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari internasional. Melihat adanya kenaikan keterlibatan pelari asing yang mulai melihat Indonesia, khususnya dalam event ini, sebagai challenge untuk rute lari adalah potensi besar yang bisa menjadi sebuah peluang sport tourism.

LPS Monas Half Marathon juga bisa memberikan wajah baru kolaborasi dari banyak pihak guna tujuan kemajuan bersama. Dengan dampak yang diberikan, tentunya pemerintah akan selalu siap dalam memberikan dukungan dan komitmen dalam penyelenggaraan LPS Monas Half Marathon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya