Perenang Muda Indonesia Berjaya di ASEAN University Games: Jetlag Tak Halangi Farrel Raih Emas

Perenang Indonesia di di ASEAN University Games 2024, Farrel Armandio
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya – Tim renang Indonesia meraih sukses besar di ASEAN University Games 2024 ke-21 yang berlangsung di Surabaya-Malang. Mereka menambah koleksi medali untuk Merah Putih dengan 5 emas, 1 perak, dan 2 perunggu pada hari pertama kompetisi olahraga mahasiswa tingkat regional Asia Tenggara ini.

Animo Peserta 2nd Southeast Asia OWS Tinggi, Waketum Akuatik: Karena Daya Tarik Pulau Bali

Salah satu penyumbang kesuksesan ini adalah Farrel Armandio Tangkas. Perenang kelahiran 22 Desember 2001 ini tidak hanya unggul di lintasan 200 meter gaya punggung, tetapi juga berhasil mengatasi jetlag setelah menjalani training camp selama 2 bulan di Amerika Serikat.

Farrel mencatat waktu tercepat dengan 2 menit 1,7 detik, mengungguli perenang Thailand, Kanteemool Tonnam, yang mencatat waktu 2 menit 5,95 detik, dan perenang Malaysia, Hii Puong Wei, dengan waktu 2 menit 7,46 detik.

Mahasiswa LSPR Luncurkan Program Ruang Belajar untuk Cilincing

“Saya tidak menyangka sebenarnya bisa mendapat medali emas di hari pertama ini. Soalnya saya baru dua hari yang lalu pulang ke Indonesia setelah TC di Amerika. Jadi masih jetlag karena perbedaan waktunya 11 jam, sehingga kalau mengikuti waktu di Amerika, perlombaan sekarang ini masih jam tidur di sana,” ujar Farrel dalam keterangan tertulis, diterima di Jakarta Rabu 26 Juni 2024 malam.

Ia mengatakan belajar banyak dari kondisi jetlag yang dihadapinya. Terutama beradaptasi dengan waktu dan cuaca jelang perlombaan. Farrel mengatakan ia berusaha kuat melawan rasa kantuknya tersebut.

2nd Southeast Asia OWS Championship, 2 Perenang Ini Optimis Berikan yang Terbaik untuk Indonesia

“Jujur ini baru pertama menghadapi jetlag di perlombaan. Kunciku tetap berpikir positif dan maksain gak tidur meski ngantuk di siang hari. Tapi medali emas ini berarti untuk aku karena menjadi penyemangat untuk beberapa pertandingan ke depan,” kata Farrel.

Selain Farrel, lima atlet renang lainnya dari Kontingen Indonesia yang baru kembali dari Amerika juga berhasil meraih medali. Di antaranya, Angel Gabriella Yus yang mendapatkan medali perak dalam nomor 200 meter gaya punggung putri. Perlu diketahui, hanya Farrel dan Angel yang baru kembali dari AS dan bertanding di hari pertama AUG 2024.

Angel mencatatkan waktu 2 menit 21,35 detik, kalah dari rekan sesama Kontingen Indonesia, Flairene Candrea Wonomiharjo, yang mencatatkan waktu 2 menit 20,85 detik. Medali perunggu diraih oleh Denphaetcharangkul Worranat dengan catatan waktu 2 menit 32,60 detik.

Flairene mengungkapkan kepuasannya atas prestasinya, terutama karena emas tersebut diraih dalam periode latihan pra-pertandingan.

“Sebenarnya belum dalam peak performance, tetapi pelatih gym aku juga gak stop ngasih program latihan 3x seminggu. Jadi sesungguhnya aku di AUG ini gak berekspektasi lebih karena kondisi gak se-fit biasanya. Targetku itu lebih ke menguji mental, percaya diri dan jangan meragukan diri sendiri. Puji Tuhan aku bisa membukukan waktu sebagaimana best time aku dan mendapatkan emas ini,” kata Flairene.

Hasil Cabor Renang di AUG 2024

Gold

  1. Swimming-Women’s 400 m Freestyle, Izzy Dwifaivah Hefrisyanthi
  2. Swimming-Men’s 50 m Breaststroke, Andi Muhammad Nurrizka Febrianto
  3. Swimming-Women’s 200 m Backstroke, Flairene Candrea Wonomiharjo
  4. Swimming-Men’s 200 m Backstroke, Farrel Armandio Tangkas
  5. Swimming-Women’s 4x200 m Freestyle Relay, Izzy Dwifaivah Hefrisyanthi, dkk

Silver

  1. Swimming-Women’s 200 m Backstroke, Angel Gabriella Yus

Bronze

  1. Swimming-Women’s 400 m Freestyle, Serena Karlita Muslim (Bronze)
  2. Swimming-Women’s 50m breaststroke, Nurita Monica Sari
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya