Kecewa Tuan Rumah Peparnas Pindah ke Solo, NPC Sumut Genjot Persiapan Atlet Berprestasi

Ketua Umum NPC Sumut, Alan Sastra Ginting. (B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan – Kota Solo terpilih sebagai tuan rumah Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) tahun 2024 ini. Seharusnya Peparnas tahun ini, sebagai tuan rumah adalah Sumatera Utara. Kegiatan ini, direncanakan akan dilaksanakan bulan 6-13 Oktober mendatang.

Dishub Sumut Siapkan 967 Kenderaan Bermotor untuk Penyelenggaraan PON 2024

Pindahnya, tuan rumah Peparnas 2024 dari Sumut ke Solo, Jawa Tengah membuat Atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Sumut mengungkapkan rasa kekecewaan. 

Kekecewaan itu, disampaikan oleh Ketua Umum NPC Sumut, Alan Sastra Ginting kepada wartawan di Kota Medan, Rabu 26 Juni 2024. Namun begitu, ia mengatakan pihaknya, tetap mempersiapkan atlet untuk berprestasi dan mendulang medali di Peparnas.

Rumah Pensiun Jokowi di Colomadu Segera Dibangun, Alat Berat Disiapkan-Lahan Dipagari

"Kalau kita terkait adanya perpindahan tuan rumah Peparnas ini, kekecewaan pasti, karena kita sejak Peparnas Papua kemarin, inginnya tahun ini Peparnas bisa digelar di Sumut. Karena momen ini, belum tentu bisa kita rasakan lagi, kalau kita tuan rumah mungkin keluarga-keluarga atlet disabilitas kita bisa nonton bersama di sini," jelas Alan.

Meski kecewa, Alan mengatakan tidak mau atlet binaannya larut dalam kesedihan. Ia mengungkapkan pihaknya terus motivasi atlet untuk persiapan menghadapi Peparnas 2024 ini.

Animo Peserta 2nd Southeast Asia OWS Tinggi, Waketum Akuatik: Karena Daya Tarik Pulau Bali

"Namun kami dari NPC Sumut tidak larut dalam kesedihan ini, dan kami tetap fokus dalam pembinaan atlet kita untuk dibawa ke Peparnas di Solo nanti, Pembinaan kita jalan terus, terprogram, kita evaluasi terus, prestasi juga semakin baik," kata Alan.

Namun, mantan Atlet Nasional lempar cakram tersebut, menjelaskan bahwa akan adanya penurunan secara jumlah atlet yang akan dikirim pada Peparnas yang akan digelar di Solo Oktober mendatang.

"Sebenarnya kalau kita tuan rumah kemarin ada 19 cabor yang mau kita mainkan, tapi karena perpindahan ini mungkin hanya 14 cabor yang kita bawa, itu pun cabor-cabor prioritas saat ini seperti atletik, judo, catur, angkat berat dan lainnya," tuturnya.

"Kalau target, kalau kita tuan rumah kemaren target ada 250-300 atlet yang mau kita turunkan, namun dengan sudah pindahnya tuan rumah, mungkin hanya bisa kita bawa 150 atlet saja," ucapnya kembali.

Selain jumlah atlet, Alan pun mengatakan target pun mengalami penurunan secara realistis untuk Sumut di Peparnas Solo 2024 nantinya.

"Kalau kemarin kita bisa targetkan posisi di dua besar, sekarang karena perpindahan ke Solo kita targetkan seperti di Papua kemarin, yakni di posisi lima besar, kalau bisa empat besar dengan catatan medalinya lebih banyak dari di Papua kemarin," kata Alan.

"Kita ini di Sumut cukup dipertimbangkan kalau di luar jawa, kontribusi atlet-atlet kita di nasional maupun internasional cukup membanggakan," ucap Alan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya