Timnas Basket U-18 Putri Indonesia Kalah dari China, Sosok Ini Jadi Sorotan

Pemain Timnas Basket Putri China, bertinggi 220 cm, Ziyu Zhang
Sumber :
  • China Daily

China – Timnas Basket U-18 Putri Indonesia memperlihatkan semangat juang tinggi meski kalah dari tim kuat China dengan skor 109-50 pada pertandingan pembuka FIBA U-18 Women's Asia Cup 2024 Division A di Shenzhen, China Senin, 24 Juni 2024.

IBL All Indonesian, Komitmen KUY Majukan Olahraga Tanah Air

Pada laga yang berlangsung di Ionghua Culture & Sports Center itu keunggulan fisik China menjadi tantangan besar bagi Indonesia, terutama di babak kedua.

Meskipun Timnas U-18 Putri memberikan perlawanan cukup baik pada babak pertama dan menahan skor China di angka 28-42, tekanan China meningkat pada babak kedua.

Usai Atap Venue Cabor Menembak Ambruk, Kini Kaca Venue Cabor Basket Jatuh, Netizen: PON Amburadul

Pemain bertinggi 220 cm, Ziyu Zhang, memanfaatkan keunggulan fisiknya untuk mencetak 19 poin hanya dalam 13 menit bermain dari bangku cadangan.

Jendela Kaca Venue Lapangan Basket PON 2024 di Aceh Pecah Mengenai Penonton

Manajer Timnas Basket U-18 Putri, Dedy Setiawan menyatakan, skuadnya telah berusaha maksimal terutama di babak pertama. “Sebenarnya kita cukup bisa menahan mereka di babak pertama, tapi kita kalah stamina sehingga tidak bisa menjaga margin,” kata Dedy dikutip dari Antara, Selasa 25 Juni 2024.

Pelatih Timnas Basket U-18 Putri Indonesia, Bambang Asdianto Pribadi, menekankan bahwa timnya sudah bermain baik pada paruh pertama pertandingan, namun keunggulan postur pemain China, terutama Ziyu Zhang, menjadi tantangan utama bagi Nathania Nicole Sasongko dan rekan-rekan.

“Pemain wing mereka mempunyai postur besar, dengan rata-rata tinggi 195 cm, sementara tinggi pemain kita 174 cm,” tambah Bambang.

Bambang mendorong anak asuhnya untuk segera melupakan kekalahan ini dan fokus pada pertandingan berikutnya melawan Jepang. Waktu yang ada akan dimanfaatkan untuk evaluasi dan memperbaiki kesalahan, terutama dalam menghadapi tekanan lawan dan mengurangi turnover.

“Di turnamen ini, Jepang mengirimkan tim terbaiknya. Saya rasa mereka akan mendapatkan medali di event ini,” ungkap Bambang. “Melawan mereka, para pemain harus berani menghadapi tekanan dari Jepang dan meminimalkan kesalahan,” lanjutnya.

Pertandingan melawan Jepang akan berlangsung pada Selasa sore (25/6) pukul 15.30 WIB. Timnas Basket U-18 Putri diharapkan dapat tampil lebih baik dan memberikan perlawanan sengit untuk meraih hasil yang positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya