Dilantik Jadi Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni: Persiapan PON 2024 dan Program Prioritas

Mendagri RI, Tito Karnavian melantik Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumut, di Sasana Bakti Praja Kemendagri, Jakarta.(Dok Pemprov Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Jakarta  – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian resmi melantik  Agus Fatoni sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara di Sasana Bakti Praja Kemendagri, Jakarta, Senin sore, 24 Juni 2023. Sebelumnya, Agus menjabat sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). 

Demokrat Tunggu Instruksi SBY Sebelum Resmi Usung Bobby Nasution di Pilgub Sumatera Utara

Agus Fatoni mengatakan siap melanjutkan roda Pemerintahan Provinsi Sumut. Sesuai dengan arahan Mendagri, Pj Gubernur Sumut memastikan penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik. 

Salah satunya adalah mempersiapkan agenda PON 2024 yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

Belum Juga Berkantor, Agus Fatoni Malah Didemo Ditolak jadi Pj Gubernur Sumut

“Selain itu, sesuai dengan arahan Mendagri juga, tugas Pj Gubernur Sumut diharapkan juga segera bisa mempersiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan program prioritas lainya,” kata Agus, usai dilantik. 

Menurut Agus, sebagai seorang ASN, dirinya siap menjalankan tugas yang diberi. Pergeseran merupakan hal yang biasa baginya. 

Pesan Mendagri Tito ke Pj Gubernur Sumut, Sumsel, dan NTB Usai Dilantik

“Pergeseran atau perpindahan itu bisa dilakukan termasuk Pj Bupati, Walikota termasuk Pj Gubernur, hari ini saya diberikan amanah untuk bisa menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur Sumut,” kata Agus. 

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian mengatakan Agus Fatoni pantas menjadi Pj Gubernur Sumut. Menurutnya, Agus memiliki pengalaman yang mumpuni, apalagi Agus pernah dua kali menjadi Pj Gubernur, yakni di Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan. Agus juga merupakan seorang Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri. 

“Beliau sudah pernah menjadi Pj yang cukup matang, pertama Sulawesi Utara, Sumsel, sekarang naik kelas dikitlah di Sumut, pengalaman akan bertambah, ditambah lagi ada event besar, ada PON yang akan dilaksanakan September, oleh karena itu kita tidak ingin ambil risko, orang yang pengalaman jadi Pj dua kali dan mengerti tentang keuangan daerah, karena PON ini masalahnya banyak tentang keuangan,” kata Tito.

Selain itu, Tito juga mengharapkan para Pj Kepala Daerah yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri. Tito juga mengatakan jabatan merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa. 

“Apa yang terjadi di detik ini, kita percaya adalah takdir dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Tito.  

Pada kesempatan tersebut, Tito juga melantik Hassanudin yang sebelumnya menjabat Pj Gubernur Sumut menjadi Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat. 

Bersama dengan Agus Fatoni dan Hassanudin dilantik jadi Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Elen Setiadi juga dilantik sebagai Pj Gubernur Sumsel. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan Tyas Agus Fatoni sebagai Pj Ketua TP PKK Sumut oleh Ketua TP PKK Tri Tito Karnavian. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya