Panjat Tebing Indonesia Raih Dua Tiket Tambahan ke Olimpiade Paris 2024

Atlet panjat tebing (climber) Indonesia, Veddriq Leonardo
Sumber :
  • Instagram/veddriq

Hungaria – Dua atlet panjat tebing (climber) Indonesia Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabilla raih tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Maryam March Maharani Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Tiket tersebut didapat Veddriq dan Rajiah usai meraih perunggu dalam ajang Kualifikasi di Budapest, Hungaria, Sabtu 22 Juni 2024.

Mengutip laman resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), kedua atlet climber tersebut masing-masing menempati posisi ketiga dalam babak final seri kedua Olimpiade 2024.

Lalu Muhammad Zohri Resmi Lolos ke Olimpiade Paris 2024 Lewat Jalur Khusus Ini

Veddriq mencatat waktu ,05 detik di nomor speed putra saat melawan rekan satu negaranya, Aspar Jaelolo yang finis dengan waktu 5,61 detik. Ia pun berhak pulang dengan medali perunggu dan mengamankan tempat di Paris dengan total 91 poin.

Update Daftar Atlet Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024

“Saya sangat bersyukur atas dukungan dari semua pihak. Keberhasilan (meraih tiket Olimpiade) ini adalah buah dari kerja keras dan komitmen bersama. Saya akan terus berlatih keras untuk memberikan yang terbaik di Paris nanti,” kata Veddriq.

Adapun, Rajiah mencatatkan waktu 6,64 detik di nomor speed putri saat melawan atlet China, Niu Di yang finis dalam waktu 6,71 detik. Ia juga berhak atas medali perunggu serta memiliki total 86 poin.

“Ini adalah momen yang sangat spesial bagi saya. Terima kasih kepada semua yang telah memberikan dukungan dan motivasi. Saya akan terus berjuang untuk memberikan yang terbaik di Paris nanti,” ujar Rajiah.

Sistem kualifikasi ini menggunakan akumulasi poin dari seri sebelumnya di Shanghai dan Budapest untuk menentukan lima atlet dengan poin tertinggi yang berhak melaju ke Olimpiade.

Kemenangan dua atlet Indonesia yang meraih posisi ketiga di Budapest memberikan tambahan poin penting yang memastikan mereka termasuk di antara para speed climber terbaik di dunia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024.


Source : Antara/Hendra Nurdiyansyah

Kiromal Katibin dan Aspar Jaelolo menduduki posisi keempat dan kelima dengan poin masing-masing 72 dan 71.

Namun, karena kuota atlet tiap negara di Olimpiade Paris 2024 dibatasi hanya dua atlet putra dan dua atlet putri, keduanya harus digantikan oleh atlet dengan poin tertinggi di bawah mereka.

Keberhasilan Vedrriq dan Rajiah dalam meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 semakin memperkuat tim panjat tebing Indonesia, melanjutkan kesuksesan Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi yang sebelumnya lolos melalui Kualifikasi Asia di Jakarta tahun 2023 dan IFSC World Championships 2023 di Bern, Swiss.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya