Keseruan Lari sambil Menikmati Suasana Pantai di Ajang Gunungkidul Beach Run

Gunungkidul Beach Run 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Yogyakarta – Ribuan peserta dari berbagai usia membanjiri kawasan Pantai Krakal, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul di event Gunungkidul Beach Run, Minggu 5 Mei 2024.

Intip Rahasia Diet Mo Sidik yang Berhasil Turunkan Berat Badan 10kg Dalam Waktu Dua Bulan

Gunungkidul Beach Run yang digelar oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul ini memiliki dua kategori lomba, yakni jarak 7 kilometer dan 3 kilometer. Berlari dengan pemandangan pantai membuat para peserta memiliki pengalaman lari yang baru.

Sebanyak lebih kurang 1.300 peserta dari berbagai daerah ikut dalam Gunungkidul Beach Run yang dibiayai anggaran Dana Keistimewaan ini. Tak hanya remaja, bahkan anak-anak dan ibu-ibu paruh baya turut meramaikan lomba tersebut.

PON 2024, Ketua DPRD Sumut Berharap Berikan Berdampak Positif Bagi UMKM Lokal

Salah satu peserta lari, Kamila Rismanikmah (11), menyatakan perasaannya setelah berhasil menyelesaikan lari dengan jarak 3 kilometer.

Catat! 7 Olahraga Ini Bisa Menurunkan Berat Badan 10 Kilogram dalam Waktu Singkat

Meski merasakan kelelahan, Kamila mengaku senang bisa mengikuti acara tersebut yang menjadi pengalaman baru baginya.

"Pengalaman yang menyenangkan meskipun melelahkan," ucap Risma.

Sementara itu, Zafran Azami Alfarizki (9) dari Bantul merasakan keseruan event ini bersama teman-teman klub olahraganya. Menurutnya, selain olahraga, peserta juga dapat menikmati pemandangan yang berbeda dari biasanya.

"Seru melihat pantai saat berlari. Pengalaman olahraga bertambah," terang Zafran.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Oneng Windu Wardana, menjelaskan bahwa event Gunungkidul Beach and Run bukan sekadar lomba biasa, melainkan bagian dari wisata olahraga atau sport tourism.

Dengan menyelenggarakan acara ini, diharapkan dapat meningkatkan lama tinggal wisatawan dan perputaran uang di Gunungkidul.

"Jadi tujuan lain dari kegiatan kami adalah untuk mempromosikan keindahan Pantai Krakal yang dilengkapi dengan fasilitas parkir yang ini, sehingga para wisatawan dapat berkunjung tanpa khawatir akan kesulitan parkir. Di sini juga tersedia gedung IKM tempat berbelanja oleh-oleh," tegas Windu Wardana.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menekankan bahwa event ini juga memberikan fasilitas bagi para pegawai Pemkab Gunungkidul untuk berolahraga serta mempromosikan potensi wisata alam yang dimiliki Gunungkidul.

Kesuksesan event Gunungkidul Beach Run tahun ini, diharapkan akan terus mempererat sektor pariwisata dan kesehatan, serta memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki Gunungkidul kepada lebih banyak orang.

"Selain itu, ini juga memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk berolahraga dan menjaga kesehatan, serta menjadi ajang promosi untuk kekayaan potensi wisata alam yang dimiliki Gunungkidul. Potensi wisata, alam, dan segala hal yang ada di sini patut terus dijelajahi dan dipromosikan," tutup Sunaryanta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya