Ribuan Pelari Indonesia dan Luar Negeri Ramaikan Marathon TIY42K

Lari Marathon 42K bertajuk TIY42K
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi Purnomo

Yogyakarta – Sebanyak 2500 pelari mengikuti lari marathon The Internasional Yogyakarta 42K (TIY42K) Minggu 8 Oktober 2023. 2500 pelari ini berasal dari berbagai negara maupun kota di Indonesia.

Terkenal Ramah ke Turis, Ternyata Begini Kebiasaan Orang Indonesia Saat Liburan di Luar Negeri

Peserta asal Bandung, Rizky mengatakan dirinya sengaja ikut lari marathon  TIY42K ini karena tertarik dengan konsep lari sembari menikmati pemandangan Kota Yogyakarta.

"Tertarik ikut karena rutenya menarik. Rutenya lewat tempat-tempat wisata di Kota Yogyakarta seperti Malioboro, Tugu Yogyakarta dan tempat lainnya," ucap Rizky.

Banyak Lomba Lari Digelar, Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan Kota Yogyakarta seperti pula daerah lain sedang mengembangkan sport tourism. Banyak event olahraga, kata Singgih, yang digelar di Kota Yogyakarta.

Event-event olahraga ini disebut Singgih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mau datang ke Kota Yogyakarta.

Antusiasme Peserta Tinggi, Jete Run 2024 Sukses Digelar

Lari Marathon 42K bertajuk TIY42K

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi Purnomo

"Kami mendukung setiap event terkait dengan olahraga. Event olahraga ini bisa mendatangkan wisatawan ke Yogyakarta," ungkap Singgih.

Sedangkan Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung menjelaskan bahwa acara ini untuk mendukung sport tourism di Yogyakarta dengan melewati ikon-ikon pariwisata di kota Yogya.

“Rute lari yang kami sajikan tidak hanya menghadirkan tantangan bagi pelari tapi juga menghubungkan mereka dengan tempat-tempat ikonik kota Yogyakarta. Dengan dukungan pemerintah provinsi dan lokal, kami berharap TIY42K ini dapat menjadi acara tahunan yang berkontribusi pada perkembangan pariwisata dan ekonomi lokal, ” ujar Daswar.

Daswar menjelaskan dievent TIY42K ini pihaknya juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan memberdayakan masyarakat sekitar, organisasi kepemudaan, hingga UMKM untuk ikut serta mensukseskan acara ini.

Untuk menghibur pelari dan masyarakat sekitar, sambung Dazwar, pihaknya menyajikan booth makanan dan minuman khas Yogyakarta, serta hiburan dari penampilan musik lokal.

"Kami sangat mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh pemangku kepentingan agar acara ini dapat terselenggara dengan lancar,” tutup Daswar.

TIY42K ini memulai flag off pada pukul 04:45 WIB untuk kategori 42K, 05:15 WIB untuk kategori 21K, dan 05:30 WIB untuk kategori 10K. Antusias para peserta terlihat saat meramaikan area Malioboro sebagai titik start dan finish para pelari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya