Rekor Piala Dunia Basket Pecah di Filipina, Lampaui Catatan 29 Tahun Lalu di Amerika Serikat

Rekor penonton Piala Dunia Basket pecah di Filipina
Sumber :
  • AP Photo/Aaron Favila

Filipina – Piala Dunia Basket 2023 mencatatkan rekor sejarah. Catatan penonton terbanyak dalam perhelatan bergengsi olahraga basket ini terjadi saat Filipina menghadapi Republik Dominika di Philippine Arena, Bocaue, Bulacan, 25 Agustus 2023.

Vokalis Juicy Luicy Geram Mendapat Perlakuan Tidak Senonoh dari Penonton di Atas Panggung

Federasi Basket Dunia (FIBA) mencatatkan jumlah penonton yang hadir langsung di Philippine Arena mencapai 38.115. Ini jadi momen sejarah tersendiri dalam perhelatan bergengsi ini.

"Kita semua tahu Piala Dunia Basket 2023 akan menjadi spesial dan di hari pertama kita sudah memiliki buktinya," kata Ketua Penyelenggara Piala Dunia Basket 2023, Richard Carrion.

MXGP Lombok 2024, Ratusan UMKM Ketiban Berkah

Filipina vs Republik Dominika di Piala Dunia Basket 2023

Photo :
  • AP Photo/Aaron Favila

"Semua orang di Philippine Arena tidak akan pernah melupakan tingkat kecintaan yang luar biasa terhadap bola basket dan tim nasional Filipina yang mengalir di sekitar venue," imbuhnya.

Fasilitas Olahraga Berstandar Internasional Hadir di Pluit

Apa yang diutarakan Richard Carrion itu merujuk kepada atmosfer yang tercipta di venue. Jumlah penonton yang banyak ditambah sorakan dari tribun menambah keseruan.

"Ini hanyalah awal dari apa yang akan jadi acara paling berkesan dalam sejarah FIBA dan kami semua bersemangat untuk apa yang akan terjadi, baik di dalam maupun di luar lapangan. Tidak cuma di Filipina, tapi juga Jepang dan Indonesia," tutur Richard.

Timnas Basket Filipina bersama Presiden Ferdinand Marcos

Photo :
  • AP Photo/Aaron Favila

Filipina merupakan negara di Asia Tenggara yang masyarakatnya menggandrungi olahraga basket. Mereka juga mencatatkan sejumlah prestasi, termasuk lolos ke Piala Dunia Basket.

Dan mencatatkan rekor penonton terbanyak Piala Dunia Basket merupakan salah satu bukti jika olahraga tersebut digandrungi. Mereka melewati rekor yang tercatat sebelumnya, sebanyak 32.616 penonton pada final Piala Dunia Basket 1994 di Toronto, Amerika Serikat.

"Sejak kami mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket pada 2015, misi kami adalah menunjukkan kecintaan masyarakat Filipina terhadap bola basket," tutur Manny V. Pangilinan, selaku Chairman Emeritus SBP.

"Kami sering mengatakan bahwa kami adalah fans terbaik di dunia, namun mengalahkan rekor lama kehadiran FOIBA telah membuktikan apa yang kami yakini selama ini," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya