Cari Atlet untuk PON 2024, Ratusan Peserta Ikuti Tenis Meja Piala Pangdam I Bukit Barisan

Pembukaan turnamen tenis meja piala Pangdam I Bukit Barisan di Kota Medan
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA Sport – Kodam I Bukit Barisan menggelar kompetisi tenis meja Piala Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Daniel Chardin. Lomba ini, tidak lepas tujuannya mencari atlet prestasi. Untuk disiapkan kembali bertarung di PON XXI tahun 2024 Aceh-Sumut.

Bantah Tidak Ada Uang, PB PON Jamin Honor Pasti Dibayarkan Seluruhnya Segera

"Melalui turnamen ini, tentu sesuai dengan amanah pak Pangdam kita mencari bibit-bibit atlet terbaik, sehingga dari sini bisa kita dapatkan calon terbaik dan juara," sebut Irdam, Brigjen TNI, Boni Christian Pardede, mewakili Pangdam I Bukit Barisan pada pembukaan turnamen di GOR Angsapura, Kota Medan, Sabtu 28 Januari 2023.

Ratusan atlet tenis meja ini, diikuti dari Provinsi Sumut, Aceh, Riau, Sumbar, dan Kepri ambil bagian dalam turnamen yang digelar selama 28-29 Januari. Melalui kompetisi ini, dapat terlihat bibit atlet berprestasi.

Cara MIND ID Dorong Penciptaan SDM Unggul RI

Boni menjelaskan kompetisi ini, tidak lepas dari perebutkan predikat juara, ajang kali ini juga sekaligus pencarian atlet-atlet. Terkhusus, di Sumut agar bisa mewakili provinsi di event nasional, nantinya di PON 2024.

Pembukaan turnamen tenis meja piala Pangdam I Bukit Barisan di Kota Medan

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution
Media Center PON 2024 di Sumut, Klaim Pj Gubernur: Lebih Baik dari Olimpiade

"Bahkan dari informasi yang ada, atlet kita saat ini sudah ada yang tampil di event nasional dan internasional. Sehingga ke depan di PON 2024 bisa berprestasi," tutur Boni.

Sesuai dengan arahan Pimpinan, Boni mengungkapkan pembinaan dilakukan secara berkelanjutan dan turnamen ini, tidak saja digelar tahun ini. Melainkan setiap tahunnya. Tentunya dengan melibatkan peserta yang lebih banyak. 

"Saya akan lanjutkan ini. Apalagi Kodam I ini di bentuk komite olahraga yang dipimpin pangdam, khususnya mempersiapkan kejuaraan di daerah yang bertaraf nasional," ucap Boni. 

Selain ajang peningkatan prestasi, turnamen ini juga mewadahi para pelajar khususnya agar terhindar dari kenakalan remaja sekaligus menjauhkan generasi muda dari narkoba. 

"Ini juga untuk menyalurkan  talenta mereka dan menghindari pergaulan bebas dan narkoba. Sehingga mereka nantinya menjadi penerus bangsa yang bagus serta berprestasi di dunia internasional," jelas Boni.  

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Pengprov Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Sumut, Lokot Nasution mengapresiasi pelaksanaan turnamen yang digagas oleh Pangdam I Bukit Barisan.

Dengan ikutnya peserta dari sejumlah provinsi di luar Sumut, Lokot mengatakan tentu akan menambah atmosfer persaingan sekaligus menambah jam terbang khusus bagi atlet Sumut. 

"Event ini cukup memberikan harapan, apalagi daerah teritorial yang dipimpin oleh bapak Pangdam kan tidak hanya Sumut. Makanya ini kesempatan untuk mengadu ketangkasan atlet kita dengan atlet lain. Apalagi ini ada Sumbar, Kepri, dan Riau. Ini tentu akan meningkatkan kualitas pertandingan," kata Lokot. 

Sedangkan mewakili ketua panitia turnamen,  Letkol Inf. Drs, Nelson Rajagukguk menjelaskan turnamen ini diikuti oleh 390 atlet, baik dari Sumut, Riau, Kepri, Sumbar, dan Aceh. Total ada sekitar 21 tim dari 5 kategori yang dipertandingkan yakni nomor bebas putra/putri, pelajar putra/putri, dan kelompok Under 100 tahun.

"Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dari PTMSI dan semua pihak sehingga turnamen tenis meja ini terselenggara dengan baik," sebut Nelson. 

Pada turnamen tersebut juga turut dipertandingkan laga eksibisi antar dua atlet nasional yakni Bima Abdi Negara dan Nael Niman yang saat ini juga sedang persiapan menuju SEA Games 2023 di Kamboja dan PON 2024 Aceh - Sumut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya