Charity Walk, Jalan Sehat untuk Tingkatkan Kesadaran Tentang Perdagangan Manusia

Charity Walk
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Liberty Society (LS) sebagai bisnis sosial menggandeng A21 dan mengajak ratusan orang berkumpul di FX Sudirman Mall, Jakarta untuk berjalan sepanjang 5 KM sepanjang jalan Sudirman untuk menolak kekerasan dan perdagangan perempuan dalam kampanye Walk for Freedom pertama di Jakarta, Minggu, 18 Desember 2022. Acara ini didukung oleh Cause ID, sebuah platform penyelenggara acara olahraga virtual dan offline asli Indonesia.

Indonesia Pingpong League 2024 Sukses Digelar, Onic Sport dan Arwana Jaya Cetak Sejarah

Liberty Society (https://liberty-society.com): Dukung Para Penyintas Perdagangan Perempuan di Indonesia.

Data dari UNICEF memperkirakan bahwa ada 100,000 anak dan perempuan yang diperdagangkan dari Indonesia setiap tahunnya. Sementara 40,000-70,000 dari jumlah tersebut merupakan anak di bawah umur yang menjadi korban eksploitasi seksual.

Indonesia Pingpong League 2024 Masuki Babak Grand Final, Aura Kebangkitan Tenis Meja Makin Nyata

Dalam menanggapi isu tersebut, Liberty Society menyelenggarakan charity walk untuk meningkatkan kesadaran tentang perdagangan manusia, serta mengajak publik dan pelaku bisnis untuk turut berpartisipasi dalam Walk for Freedom sebagai salah satu upaya sosial dalam mendukung penyintas perdagangan seksual dan manusia. Mereka juga menggalang dana untuk para penyintas agar mampu menata kembali hidup mereka dengan program pelatihan menjahit Liberty Society di Surabaya.

Walk for Freedom: Berjalan untuk Tolak Kekerasan dan Perdagangan Perempuan

Pecatur Berusia 7 Tahun Zach Alexander Tjong Harumkan Nama Indonesia di Kancah Asia

Liberty Society menggandeng A21, LSM yang bergerak sebagai penyelenggara Walk for Freedom yang merupakan salah satu inisiatif global terbesar yang berada di lebih dari 50 kota, untuk menolak adanya perbudakan modern, khususnya perdagangan manusia.

Charity Walk

Photo :
  • Istimewa

Dalam rangka memberdayakan penyintas perempuan, LS dalam Walk for Freedom juga berkolaborasi dengan Yayasan Kasih Yang Utama (YKYU), lembaga yang menyelamatkan dan memberikan aftercare kepada korban perdagangan manusia di 4 kota, termasuk Bali, Surabaya, Manado dan Bekasi.

"Kami berharap melalui Walk for Freedom ini dapat meningkatkan kesadaran akan isu-isu seputar perdagangan dan eksploitasi orang yang terjadi di Indonesia, dan diberdayakan untuk bersatu bersama untuk melihat perubahan nyata dan sejati bagi mereka yang membutuhkan" tambah Winda Winowatan, Direktur YKYU.

Selain itu, LS mengajak Hangry dan Lemonilo sebagai pelaku bisnis untuk turut aktif berpartisipasi dalam kampanye ini sebagai bagian dari program CSR perusahaan mereka. 

“Kami sangat mengapresiasi dan bangga bisa berpartisipasi pada kegiatan Walk of Freedom ini. Dengan mengusung misi yang sangat mulia, kami juga berharap bahwa kesadaran masyarakat akan kekerasan seksual dan perdagangan perempuan makin tinggi. Hal ini pun sejalan dengan kesehatan mental yang merupakan salah satu aspek dari gaya hidup sehat yang selalu diusung Lemonilo,” imbuh Johannes Ardiant, Co-founder Lemonilo.

Berdayakan Perempuan dengan Pelatihan Menjahit: Misi Liberty Society dalam Walk for Freedom

Inisiasi yang ingin dilakukan LS dalam Walk for Freedom adalah memberdayakan para penyintas perempuan untuk menetaskan kehidupan kedua mereka melalui pelatihan menjahit dan akses ke pasar. Dengan keterampilan baru, para penyintas diharapkan mampu berdiri dan menjadi produktif melalui kreasi produk hampers dan merchandise ramah lingkungan  di House of Freedom, Surabaya.

“Kami bangga menjadi penyelenggara A21 Walk for Freedom charity walk pertama di Indonesia. Tujuan kami adalah untuk membuka kesempatan kepada publik dan perusahaan untuk mendukung misi kami untuk memberdayakan wanita marginal dengan training to employment program kami ” lanjut Tamara, CEO Liberty Society.

Melalui charity event Walk for Freedom ini, LS berharap publik dapat turut berpartisipasi memberdayakan para penyintas perempuan yang menjadi korban eksploitasi. Setiap 50,000 dari penjualan tiket juga akan langsung didonasikan kepada program pelatihan menjahit. 

LS menegaskan bahwa kedepannya akan terus berkolaborasi dengan para pelaku bisnis yang peduli kepada isu-isu perempuan untuk meningkatkan CSR perusahaan agar mempunyai unsur berkelanjutan. Komitmen ini merupakan bentuk tanggung jawab LS sebagai bisnis sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya