Logo Asian Games Hangzhou 2022 Resmi Diluncurkan

Peluncuran Logo Asian Games Hangzhou 2022.
Sumber :
  • ocaasia.org

VIVA – Asian Games Jakarta-Palembang memang 2018 akan segera berlangsung pada 18 Agustus-2 September mendatang, hal tersebut membuat panitia penyelenggara Asian Games Hangzhou 2022 harus mempersiapkan logo resmi demi memperlancar jalannya upacara penutupan. Peluncuran ini juga dilakukan sebagai rangkaian untuk menyukseskan perhelatan Asian Games 2018 yang tinggal menghitung hari.

Momen Epik Ketika Pemilik BCA Jadi Nasabah BRI

Dalam acara peluncuran yang berlangsung di Kantor Pusat Kelompok Radio dan TV Kebudayaan Hangzhou pada Senin, 6 Agustus 2018, dijelaskan bahwa logo untuk Asian Games 2022 berjudul 'Surging Tides' atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan 'Arus-arus yang Bergelombang', terdiri dari enam elemen yakni, fans olahraga di China, Sungai Qiantang, rasa bosan terhadap pasang surut, lintasan lari, simbol internet dan matahari merah menyala selayaknya logo Olympic Council of Asia (OCA).

Peluncuran Logo Asian Games Hangzhou 2022

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Logo ini mewujudkan karakter zaman dan Roh Olimpiade. Logo ini juga menggarisbawahi warisan yang mendalam kota tuan rumah dan singularitas, mengekspresikan aspirasi masyarakat untuk pementasan Asian Games yang sukses dan membangun komunitas masa depan bersama untuk Asia dan umat manusia." kata Walikota Hangzhou Xu Liyi, seperti dikutip dari laman resmi OCA.

Sementara itu, Wakil Presiden OCA, Timothy Fok, melihat logo Asian Games ke-19 ini sangat mudah dilihat dan dikenali. Fok juga menambahkan bahwa Hangzhou bakal meraih kesuksesan besar dalam menyelenggarakan Asian Games. 

Terpopuler: Juventus Mau Buang Pemain Kawakan, Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

"Pada saat Asian Games ke-19 datang sekitar tahun 2022 dan logo ini akan dikenal di seluruh China, Asia dan dunia. OCA yakin bahwa Hangzhou 2022 akan menjadi sukses besar lainnya bagi China dan untuk acara olahraga utama OCA, Asian Games," kata Fok, dalam sambutannya saat peluncuran.

Dalam proses pembuatan logo Asian Games Hangzhou 2022, panitia penyelenggara telah membuka kesempatan bagi masyarakat dunia. Sejak pendaftaran dibuka pada Januari 2018 silam, panitia menerima sekitar 4.263 proposal. Dan, akhirnya logo yang terpilih adalah karya Profesor Yuan Youmin dari Akademi Seni China.

Hangzhou akan menjadi kesempatan ketiga kalinya bagi China menjadi tuan rumah Asian Games setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010. Kota berpopulasi 21 juta penduduk ini dipilih sebagai tuan rumah Asian Games 2022 oleh OCA pada Sidang Majelis Umum di Turkmenistan bulan September 2015. Peserta sidang menyetujui Hangzhou menjadi tuan rumah Asian Games 2022 karena tidak ada negara lain yang mengajukan pencalonan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya