Ban Apa yang Cocok untuk Balap MotoGP Jepang?
- twitter.com/yamahamotogp
VIVA – Akhir pekan ini, para penggemar balap MotoGP akan disuguhkan tontonan menarik. Para pembalap bakal adu cepat di lintasan Twin Ring Motegi, yang berlokasi di Jepang.
Memiliki panjang 4,8 kilometer, sirkuit ini terdiri dari 14 tikungan, yakni delapan ke kanan dan enam ke kiri. Karakter dari Sirkuit Twin Ring Motegi adalah cepat, dan membutuhkan banyak pengereman keras.
Dilansir dari Crash, Rabu 16 Oktober 2019, banyaknya tikungan tajam dan trek lurus sesudahnya, membuat Michelin sebagai penyedia ban, harus putar otak agar setiap pembalap bisa maksimal memacu motornya.
Karena sirkuit ini sudah ada sejak 1997 dan dimiliki oleh Honda, maka kondisi aspal lintasan masuk dalam kategori mulus. Jumlah lintasan yang nyaris seimbang, membuat Michelin hanya perlu menyediakan ban simetris.
Namun, sisi sebelah kanan karet bunda akan sedikit diperkuat, karena jumlah belokannya lebih banyak dua ketimbang tikungan ke arah kiri.
Soal kompon, para pembalap membutuhkan akselerasi maksimal usai keluar dari setiap tikungan. Yang jadi masalah, mereka melakukan itu dalam kecepatan rendah.
Artinya, butuh traksi besar dari ban saat pembalap membuka tuas gas motor berkapasitas 1.000cc mereka. Itu sebabnya, Michelin menyediakan kompon yang bisa menghasilkan traksi maksimal di bagian belakang.