Rencana Panjat Tebing Indonesia Usai Gemparkan Dunia dan Olimpiade 2024

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) periode 2023-2027, Yenny Wahid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang, VIVA - Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) periode 2023-2027, Yenny Wahid menyebutkan, usai raihan kemenangan atlet panjat tebing di Olimpiade Paris 2024, pihaknya tengah mempersiapkan para atlet untuk kembali berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Di mana, salah satu atlet yang ikut dalam ajang empat tahunan tersebut, yakni Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing yang berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade Paris 2024.

"Persiapan kota ke depannya tentu kejuaraan dunia. Namun yang terdekat ada PON. Di mana, para atklet tentu akan memperebutkan medali di PON. Ini jadi persaingan yang menarik kalau buat penonton pastinya, karena ini atlet hebat semua, salah satunya ada Veddriq, dan pertarungan yang sangat menarik," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Bukan hanya soal raihan kemenangan, namun Yenni berharap, kemenangan di olimpiade, kemudian adanya Pekan Olahraga Nasional (PON), bisa menumbuhkan animo masyarakat pada cabang olahraga panjat tebing.

"Pada akhirnya animo masyarakat pada olahraga panjat tebing jadi meningkat. Dan tugas kami, untuk terus bekerjasama dengan pemerintah, pelatik untuk membentuk sistem yang paling ideal agar bisa menumbuhkan bibit baru calon juara panjat tebing ke depan," ujarnya.

Dalam hal ini, Yenni juga tengah mempersiapkan olimpiade di Los Angeles yang akan digelar 2028 mendatang.

"Untuk yang kita persiapkan juga ada Olimpiade Los Angeles 2028, dengan catatan raihan medali ini, tentu kita optimis bisa kembali membawa pulang (medali) di olimpiade 2028," ungkapnya.

Veddriq Leonardo Gagal Raih Medali di PON 2024 Speed WR Putra