Masa Depan Perekonomian Nusantara di Tangan Generasi Muda

Kemenkominfo mengadakan kegiatan Chip In
Sumber :
  • Kemenkominfo

VIVA – Perekonomian daerah dapat maju dengan berbagai cara, salah satunya dengan membangun usaha terkini bagi generasi muda. Menurut Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah jumlah UMKM di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 64,2 juta. Jumlah tersebut terus bertambah hingga tahun ini. Angka indeks literasi digital menurut Survei Literasi Digital tahun 2022 berada pada level 3,54 poin dari skala 1-5. Indeks tersebut bertambah 0,05 poin dibanding 2021 yaitu bpada level 3,49. Tingkat indeks literasi digital tersebut masih belum menjangkau pengetahuan masyarakat Indonesia khususnya pada daerah-daerah tertentu mengenai pendampingan UMKM yang disediakan oleh pemerintah.

OJK Pastikan UMKM yang Utangnya Dihapus karena Masuk Kriteria PP 47/2024 Keluar dari Daftar Hitam SLIK

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengadakan kegiatan Chip In bertemakan “Eksplorasi Ekonomi Digital Menuju Kota Cilegon Baru dan Modern” sebagai bentuk respon meningkatkan tingkat Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 05 Mei 2024 di Alun-alun Kota Cilegon, Banten. Peserta kegiatan Chip In adalah masyarakat umum dan komunitas di wilayah DKI Jakarta dan Banten. Tujuan diadakannya kegiatan ini agar masyarakat dapat terliterasi digital dan memanfaatkan fasilitas pendampingan usaha yang diadakan oleh pemerintah daerah.

H. Didin S. Maulana selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Cilegon pada pilar Budaya Digital menyampaikan materi SDM Unggul Literasi Digital, Cilegon Maju. Didin menyampaikan literasi digital memiliki berbagai peran bagi generasi muda yaitu membekali keterampilan digital yang dibutuhkan di era modern, meningkatkan pemahaman tentang penggunaan teknologi yang aman dan bijak, mendorong kreativitas dan inovasi dalam memanfaatkan platform digital, dan menanamkan etika dan tanggung jawab dalam berinteraksi di dunia digital.

Dukung Kesuksesan UMKM, Putri Otonomi Indonesia Tonjolkan Kearifan Lokal di Tengah Tren Global

Generasi muda dapat memanfaatkan ruang digital untuk mencari informasi terkait berbagai fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, khususnya dalam bidang usaha. Koperasi dan Usaha Kecil Menengah telah melaksanakan program pendampingan untuk UMKM berupa perizinan halal, BPOM, umur masa simpan, dan hak paten merk.

Herman Purba selaku Dosen PJJ Ilmu Komunikasi UPH dan Jawara Internet Sehat Banten dari pilar Kecakapan Digital menjelaskan materi selanjutnya yaitu Cakap Bermedia Digital. Herman mengatakan UMKM memainkan peran penting dalam meningkatkan laju ekonomi di Indonesia. Ide sederhana dapat berubah menjadi inovasi usaha dengan cara melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen.

Berkat Program Pemberdayaan BRI Klasterku Hidupku, Petani Ini Berhasil Kembangkan Budidaya Alpukat

Usaha dapat dikembangkan dalam ruang digital. Konten usaha tersebut dapat berubah masalah dan solusi. Pahami masalah yang ada pada konsumen dan bagikan solusinya. Pesan yang ingin disampaikan harus sesuai dan berkaitan dengan masyarakat.

“Gunakan 3 Second Rules. Bagaimana konten kita bisa menarik perhatian penonton hanya dalam waktu 3 detik pertama.” Ujarnya. Ciptakan konten yang dapat mempengaruhi emosi atau perasaan audiens di 3 detik pertama. Ruang digital memang sangat berikatan erat dengan kreativitas generasi muda. . Generasi muda memiliki peluang besar untuk sukses dalam UMKM dan memajukan perekonomian bangsa.

Kegiatan Chip In diakhiri dengan pemaparan materi oleh Alawi Mahmud, S.E., M.M dari pilar Keamanan Digital. Alawi menjelaskan tentang Membangun Usaha Dalam Ruang Digital Bagi UMKM. Terdapat tips dan trik menjalankan bisnis digital bagi UMKM yaitu memilih sebuah ide bisnis yang relevan dan unik untuk dikembangkan, menentukan jenis produk atau layanan yang ingin diberikan, memilih target audiens atau target pasar, menciptakan nama bisnis yang menarik, relatable, dan catchy, membuat iklan untuk mempromosikan bisnis, dan mengukur tingkat keberhasilan bisnis. Tentunya usaha di ruang digital tetap harus dipastikan keamanannya. Pilih metode transaksi pada ¬e-commerce yang memiliki payung hukum jelas dalam melindungi UMKM.

Kegiatan chip in ini merupakan salah satu rangkaian untuk meningkatkan program Makin Cakap Digital yang diadakan oleh Kemenkominfo. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo.

Wondr by BNI

Bidik Generasi Muda, Wondr Diproyeksi Kerek DPK BNI Tembus Lebih dari Rp 900 Triliun pada 2025

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menggenjot peningkatan transaksi wondr by BNI dengan menghadirkan berbagai fitur yang memanjakan nasabahnya.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2024