Berikan Pelayanan Optimal, Bea Cukai Jalankan Kegiatan Customs Visit Customer
- Bea Cukai
VIVA – Customs Visit Customer (CVC) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Bea Cukai dengan melakukan kunjungan kepada stakeholder guna menjalin komunikasi serta mengetahui lebih dalam mengenai proses bisnis. Sesuai dengan tugas dan fungsi instansi sebagai Industrial Assistance, yaitu asistensi serta mengawasi perkembangan kegiatan industri.
Pada kamis (24/08), Bea Cukai Bogor lakukan kunjungan kerja ke PT Givaudan Indonesia yang terletak di Cimanggis, Depok. PT Givaudan Indonesia merupakan perusahaan penerima fasilitas AEO dan pengguna fasilitas pembebasan cukai etil alcohol yang bergerak di bidang flavors dan fragrances asal Swiss, dengan memproduksi bahan baku perisa dan wewangian dalam bentuk cairan, bubuk, spray dan essens.
Perusahaan ini telah menerapkan prinsip-prinsip AEO seperti faktor kepatuhan terhadap peraturan kepabeanan, sistem pengelolaan data perdagangan, kemampuan keuangan dan berbagai faktor keamanan baik kargo, lokasi hingga mitra dagang.
Sementara itu di Jawa Timur, Bea Cukai Probolinggo juga melaksanakan CVC ke CV Gudang Hasil Berkah, CV Triloka dan PT Unggul Makmur Sejahtera. Pada kunjungan ini dilaksanakan sharing session yang produktif terutama proses bisnis yang terkait dengan kepabeanan dan cukai. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dengan pengguna jasa dan sebagai bahan evaluasi pelayanan Bea dan Cukai Probolinggo.
Dalam membangun kerja sama yang lebih baik antara Bea Cukai dengan stakeholder, Bea Cukai Tanjung Emas kembali mengadakan kegiatan CVC pada Selasa (22/08). Kegiatan yang dilaksanakan di Prambanan Factory PT Sarihusada Generasi Mahardika ini sekaligus merupakan salah satu bentuk aktualisasi salah satu fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai industrial assistance.
Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan, Encep Dudi Ginanjar, mengungkapkan kegiatan CVC merupakan Langkah Bea Cukai untuk terus memperkuat sinergi dengan stakeholder guna memberikan pelayanan yang makin baik.
“Bea Cukai senantiasa berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal, dengan kegiatan ini kami berharap dapat mengetahui secara langsung kebutuhan stakeholder dan masalah yang dihadapi sehingga bersama-sama kita dapat mengatasinya,” pungkas Encep.