Pengertian, Perbedaan, Serta Rekomendasi Software ERP dan CRM

Ilustrasi software
Sumber :
  • Dok: Hashmicro

VIVA – Dalam dunia bisnis, ada istilah ERP dan CRM yang belakangan ini banyak diperbincangkan. Terutama bagi perusahaan yang merambahkan bisnisnya ke digital. Bukan tanpa alasan cara-cara baru berbasis internet sudah banyak dipilih, selain praktis digadang-gadang bisa menghemat budget yang dikeluarkan.

China Ikut Dorong UMKM Indonesia dapat Bersaing di Pasar Global

ERP dan CRM sendiri meski sering dikaitkan, memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Baik itu dalam pengertian ataupun fungsionalitasnya sendiri. Kali ini akan dibahas terkait apa itu ERP dan CRM, lengkap dengan perbedaan keduanya. Juga akan diberikan rekomendasi aplikasi software ERP dan CRM. Simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

Pengertian Istilah ERP dan CRM

Dongkrak Kinerja, Begini Cara Taspen Bikin Lingkungan Kerja Harmonis dan Kolaboratif

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning, sebuah sistem terpadu yang memang dibuat untuk mengelola berbagai operasional bisnis. Seperti halnya distribusi, produksi, sumber daya manusia, sampai dengan keuangan.

Data yang bisa dikumpulkan di sistem ERP ini cukup luas dan bisa digunakan untuk mengambil keputusan lebih cepat. Sistem ERP juga memudahkan para pelaku bisnis untuk memantau prosesnya dalam sebuah sistem.

Jurus Lippo Karawaci Dukung Pengembangan Bisnis Lokal Lewat Aryaduta Hotel

Berbagai fitur juga ditawarkan dalam sistem aplikasi ERP, contohnya saja Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Supply Chain, Manajemen Pengelolaan Inventaris, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara untuk CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management. Sistemnya sendiri digunakan untuk mengelola berbagai interaksi dengan klien atau calon klien.

Mudahnya, CRM digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan informasi pola interaksi klien atau calon klien dengan perusahaan. Ke depannya, data-data yang didapatkan di sistem CRM dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran paling efektif sampai meningkatkan profit perusahaan.

Beberapa fitur yang biasanya ditawarkan oleh software CRM mulai dari Pelacakan Interaksi dengan Pelanggan, Pengelolaan Calon Pelanggan, Manajemen Kontak, Manajemen Database, dan lain sebagainya.

Perbedaan ERP dan CRM

Guna mempermudah pemahaman akan ERP dan CRM, akan diberikan perbedaan keduanya secara lebih singkat.

  • ERP digunakan untuk pengelolaan operasional perusahaan seperti produksi, SDM, sampai dengan keuangan. Sementara CRM lebih mengelola interaksi dengan pelanggan seperti mengumpulkan informasi terkait media sosial dan lain-lain.
  • Software ERP penggunaanya lebih luas, bisa untuk berbagai proses bisnis. Sementara CRM fokusnya adalah pelanggan, baik informasi atau pola interaksi.
  • ERP digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional, CRM digunakan untuk memperkuat hubungan dengan klien atau pelanggan.
  • Software ERP ke depannya fokus untuk pengurangan biaya, sementara CRM lebih fokus ke peningkatan penjualan.
  • Sistem pada CRM digunakan untuk solusi yang khusus dengan pelanggan, namun ERP lebih luas, termasuk juga ada fungsi CRM di dalamnya. Namun dalam software ERP, fitur terkait interaksi dengan pelanggan tidak selengkap CRM.

Rekomendasi Vendor Software ERP dan CRM

Keberadaan software ERP dan CRM pada akhirnya sama-sama digunakan untuk peningkatan profit perusahaan. Maka dari itulah, saat memilih keduanya harus sama-sama memiliki kualitas yang bagus dengan fitur-fitur yang dibutuhkan perusahaan. Bisa juga disesuaikan dengan skala bisnis yang sedang dilakukan.

Dari banyaknya software ERP dan CRM yang ada, salah satu rekomendasinya adalah HashMicro. Bagi yang belum terlalu familiar, HashMicro merupakan penyedia layanan ERP dan CRM yang juga sudah membantu banyak sekali peningkatan bisnis di berbagai perusahaan.

Sistem ERP dari HashMicro sudah melayani hampir 2000 klien dari berbagai lini usaha, mulai dari Bank Mega, Astra Group, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak salah jika software ERP HashMicro menjadi salah satu yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Begitupun dengan sistem software CRM yang ditawarkan oleh HashMicro, berbagai fiturnya memudahkan dan bisa mengelola ribuan data customer dengan lebih mudah. Sudah pula dilengkapi berbagai fitur memudahkan pengelolaan interaksi dengan klien atau pelanggan, contohnya saja seperti Call Logging Management, Email Marketing Management, dan lain-lain.

Sampai di sini pembahasan tentang pengertian, perbedaan, dan rekomendasi software ERP dan CRM. Dengan manfaatnya yang sangat bagus untuk kemajuan bisnis yang sedang dilakukan, sistem tersebut bisa dipertimbangkan. Pastinya, selalu pilih penyedia software terbaik dengan kelebihan yang dibutuhkan perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya