Menggali Potensi Riset dan Inovasi di Daerah, Kenali Tugas BRIDA Selengkapnya Disini

The Interview Insight
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA – Program The Interview Insight kembali hadir menyapa pemirsa setianya melalui kanal YouTube viva.co.id. Kali ini The Interview Insight membahas mengenai BRIDA, dengan narasumber dari Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah, berada di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN, Dr. Yopi. Dr. Yopi adalah seorang doktor yang berkarir sebagai peneliti dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang biologi dan bioteknologi. Dia juga bertugas di manajemen dan saat ini terlibat dalam pembentukan Badan Riset Inovasi Daerah (BRIDA). 

Widiew! YouTube Makin Seru Aja Nih

BRIDA adalah badan di pemerintah daerah yang bertujuan membangun ekosistem riset dan inovasi di tingkat lokal. Hal ini terinspirasi dari regulasi 78 pada tahun 2021 yang mendorong daerah untuk membentuk badan inovasi sendiri agar bisa berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang ada di tingkat nasional. 

Dr. Yopi menjelaskan bahwa pemerintah pusat, termasuk Presiden Jokowi, mendukung visi Indonesia emas 2045 dengan fokus pada penciptaan SDM unggul dan penguasaan IPTEK. BRIDA bekerja untuk menyusun master plan atau grand design yang tepat berdasarkan data dan fakta sehingga pembangunan daerah dapat berjalan dengan efisien dan sesuai potensi yang dimiliki setiap daerah. 

Tingkatkan Kompetensi Karyawan Milenial dan Gen Z, PNM Kembali Gelar Learning Festival 2024

BRIN berfokus pada pendampingan dan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam membangun ekosistem riset dan inovasi. Mereka juga membantu Menyusun grand design dan memberikan dukungan moril serta teknis kepada daerah yang membutuhkan.

Hingga saat ini, sekitar 50 pemerintah daerah telah membentuk Badan Riset Inovasi Daerah  (BRIDA), dan sekitar 250 lainnya sedang dalam proses pembentukan. BRIDA berharap semua pembentukan badan dapat selesai tahun ini, meskipun beberapa daerah mungkin memerlukan waktu lebih lama karena regulasi dan koordinasi dengan DPRD.

Dorong Inovasi Industri dan Transisi Energi Berkelanjutan dengan Kegiatan Ini

Dr. Yopi menegaskan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta berbagai komponen masyarakat dalam upaya mencapai Indonesia emas 2045. BRIDA berfokus pada pendekatan proaktif, bermitra dengan daerah, dan memanfaatkan data dan hasil penelitian yang ada untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembangunan. 

BRIDA optimis bahwa dengan dukungan dari seluruh pihak dan kerja sama yang baik, pembangunan daerah dapat berjalan lebih cepat dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia. 
Seru kan pembahasannya. Saksikan selengkapnya program The Interview Insight hanya di kanal YouTube viva.co.id.

Dana Padanan Kadaireka mendukung inovasi kendaraan listrik

Demi Kemandirian Bangsa, Dana Padanan Kedaireka Dukung Inovasi Kendaraan Listrik

Seiring dengan meningkatnya komitmen global terhadap pencapaian Net Zero Emission (NZE), Indonesia turut bergerak cepat dalam mengadopsi teknologi kendaraan listrik.

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2024