Raih Penghargaan HR Exellence Award 2023, Pos Indonesia Buktikan Akselerasi Kinerja Lini Bisnisnya

Direktur Human Capital Management PT Pos Indonesia (Persero), Tonggo Marbun
Sumber :
  • Pos Indonesia

VIVA – PT Pos Indonesia (Persero) dianugerahi penghargaan di HR Exellence Award 2023, Kamis, 20 Juli 2023. Tidak tanggung-tanggung, Pos Indonesia meraih tiga penghargaan di tiga kategori.

Sabet Best Employer Brand on LinkedIn Talent Awards Indonesia 2024, BNI Pimpin Masa Depan Dunia Kerja

Tiga kategori penghargaan yang diraih Pos Indonesia di HR Exellence Award 2023, yaitu: Learning & Development (L&D) and Knowledge Management, Reward Management & Talent Retention Strategy, serta HR Digitization and People Analytic.

Integrasi Teknologi dan Pendidikan untuk Mendongkrak Kualitas SDM

“Kami membangun arsitektur kompetensi digital di Pos Indonesia. Kompetensi digital (tentang) apa yang diperlukan untuk mempercepat digitalisasi di logistik, kurir, pos, dan sebagainya,” kata Direktur Human Capital Management PT Pos Indonesia (Persero), Tonggo Marbun.

Terpilihnya Pos Indonesia dalam tiga kategori tersebut tak lepas dari upaya perusahaan BUMN tertua ini dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) di lingkungan kerja.

Fifian-Saleh Janji Tingkatkan Kualitas SDM di Kabupaten Sula, Begini Caranya

Pos Indonesia dinilai berhasil mengelola SDM dengan baik. Salah satu caranya, menerapkan wellbeing management (manajemen kesejahteraan) yang humanis dan efektif terhadap SDM-nya.

Tonggo arbun mengakui, dengan memperhatikan kesejahteraan para karyawan menjadi faktor penting bagi perusahaan. Selain terkait kondisi kesehatan fisik dan mental, kesejahteraan juga mencakup emosi positif, kepuasan, dan rasa memiliki tujuan.

Setelah pandemi Covid-19, fokus terhadap kesejahteraan meningkat tak terkecuali bagi Pos Indonesia yang terus berusaha mewujudkan kesejahteraan karyawannya. Untuk memenuhi kesejahteraan karyawan, Pos Indonesia mencanangkan program 5R dalam leadership system-nya, yakni: Olah Ruh, Olah Rasio, Olah Rasa, Olah Raga, dan Olah Relasi.

Selain memperhatikan kesejahteraan karyawan, perusahaan juga menaruh perhatian pada peningkatan employee experience saat bekerja di Pos Indonesia.

“Beberapa masukan dari survei employee experience dan engagement juga terkait dengan usaha perusahaan mewujudkan good wellbeing management, seperti ketersediaan dukungan, misalnya keinginan berbicara kepada atasan dan berkonsultasi tentang progress pengembangan diri, perasaan bermakna misalnya kebutuhan karyawan untuk menerima penghargaan atau pujian atas hasil kerja yang baik, prestasi dan pengakuan misalnya penghargaan dan apresiasi atas prestasi atau keberhasilan kinerja karyawan, pengembangan karir misalnya pertumbuhan karier, serta perbaikan gaji dan benefit,” jelas Tonggo.

Sambil terus berproses untuk memperbaiki aspek-aspek tersebut, beberapa terobosan yang dijalankan untuk terus memperbaiki pengelolaan HC (Human Capital) di Pos Indonesia, yaitu melakukan digitalisasi proses bisnis baik di bidang pelayanan SDM maupun digitalisasi bisnis (Superapps Pospay), bersiap untuk implementasi kebijakan flexible working arrangement dan co-working space.

Hasilnya, dalam tiga tahun terakhir (2020-2022), revenue perusahaan mengalami peningkatan. Profit pun mengalami kenaikan dan produktivitas juga meningkat.

Contoh saja profit. Pada 2020, Pos Indonesia mendapat keuntungan sebesar Rp342 miliar. Kemudian profit perusahaan meningkat pada 2021 menjadi Rp590 miliar hingga Rp636 miliar pada 2022.

Selain itu, employee engagement dan employee satisfaction pelanggan juga mengalami kenaikan dalam dua tahun terakhir. Untuk nilai employee engangement pada 2021 berada di angka 78, kemudian meningkat menjadi 82 pada 2022. Sedangkan statistik employee satisfaction yang berada di angka 77 pada 2021, juga meningkat menjadi 78,78 pada 2022.

Dengan performa positif yang diraih dalam tiga tahun terakhir, transformasi yang dijalankan di Pos Indonesia pun dinilai berhasil oleh Kementerian BUMN. Bahkan, Pos Indonesia dipercaya oleh Kementerian BUMN untuk menjadi logistic company yang direncanakan akan di-launching pada pertengahan tahun 2023. 

Pos Indonesia juga mulai dipercaya oleh berbagai pihak untuk bekerja sama di antaranya digitalisasi penyaluran bantuan sosial dari berbagai Kementerian dan Lembaga (Kementerian Sosial, Kementerian Tenaga Kerja, BULOG, ID Food dll).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya