Kemenkeu One Buka Kelas Edukasi untuk Pembinaan UMKM

Kemenkeu One buka kelas edukasi untuk pembinaan UMKM.
Sumber :

VIVA – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan selalu berupaya mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui beragam kegiatan.

PNM dan BPOM Ungkap Cara UMKM Pangan Naik Kelas

Kali ini, seluruh unit eselon I di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang tergabung dalam Kemenkeu One membuka kelas edukasi untuk pembinaan UMKM dan meresmikan Rumah Kreatif Kemenkeu Satu yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sumatra Bagian Timur (Sumbagtim), Sugeng Apriyanto, mengungkapkan bahwa kolaborasi antarunit Kemenkeu merupakan langkah positif dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui pemberdayaan UMKM.

Bea Cukai dan Polri Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegal Senilai Rp2,1 Miliar di Surabaya

“Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60,5%, sementara terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional,” imbuhnya.

Dalam memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-76, Kemenkeu One Provinsi Sumatra Selatan melaksanakan kegiatan bimbingan teknis bertajuk “UMKM go to Ekspor” yang berlokasi di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Provinsi Sumatra Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, pada Sabtu (29/10).

WE Finance Code Dorong Pengembangan Pelaku UMKM Perempuan

Sugeng menuturkan bahwa Kanwil Bea Cukai Sumbagtim turut serta sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, bersama dengan narasumber dari Akademisi Politeknik Keuangan Negara STAN dan Tim Ekspor Beli Kreatif Sumatra Selatan. 

Selanjutnya, masih dalam rangkaian acara peringatan HORI ke-76, Kanwil Bea Cukai Sumbagtim hadir dalam peresmian Rumah Kreatif Kemenkeu Satu, pada Senin (31/10). Peresmian ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Asosiasi UMKM, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan, akademisi, serta beberapa elemen masyarakat lainnya.

Sugeng menyampaikan bahwa Rumah Kreatif (RuKre) Kemenkeu Satu merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengadakan forum, sharing session, atau konsultasi tentang kebutuhan dan kendala bisnis yang dihadapi yang didirikan oleh Sekretariat Bersama Kementerian Keuangan Sumatra Selatan.

“RuKre menyediakan ruang tertutup dengan fasilitas internet dan berpendingin ruangan yang dapat digunakan untuk konsultasi atau forum internal. Selain itu, RuKre juga menyediakan ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengobrol santai sambil menikmati produk makanan UMKM,” ujar Sugeng.

Dalam peresmian RuKre, Kemenkeu regional Sumatra Selatan bekerja sama dengan Atase Pertahanan sebagai perwakilan Kedutaan Republik Indonesia di Afrika Selatan.

Melalui kerja sama ini, dapat membuka kesempatan pelaku UMKM wilayah Sumatra Selatan untuk mempromosikan produk ke Afrika Selatan. Harapannya, RuKre dapat menjadi wadah pemersatu antara sektor pemerintah dan masyarakat dalam membantu para pelaku usaha menggerakkan roda perekonomian.

Selanjutnya, kolaborasi Kemenkeu One juga melaksanakan program Open Class bertajuk “Uangku Episode 1: Insentif Perpajakan dan Strategi Pemasaran Digital bagi UMKM”, pada Kamis (03/11). Acara ini merupakan kolaborasi dari Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Sumatra Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, serta Balai Diklat Keuangan Palembang.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan tentang ekosistem digital marketing kepada masyarakat usaha di Sumatra Selatan.

Selain Open Class, Kemenkeu One juga memfasilitasi pembukaan kedai UMKM binaan Kemenkeu untuk mempromosikan produk usaha mereka kepada para tamu undangan atau pegawai.

“Kami berharap melalui terselenggaranya kegiatan kolaborasi Kemenkeu One ini dapat menciptakan masyarakat usaha yang lebih maju, mandiri, dan mampu bersaing di pasar global,” tutup Sugeng.

Ilustrasi wanita muslimah di Halal Expo Istanbul 2024

Halal Expo Istanbul Jadi Ajang Promosi Produk UMKM Indonesia

Halal Expo 2024 di Istanbul tampil megah dengan segmen Modest Fashion, menampilkan brand internasional & dukungan PT KAI, promosikan kreativitas UMKM Indonesia ke dunia.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2024